HomeInfo SehatHIV atau AIDSJarum Suntik di Bawah Kursi Bioskop Bisa Tularkan HIV?
HIV atau AIDS

Jarum Suntik di Bawah Kursi Bioskop Bisa Tularkan HIV?

dr. Nadia Octavia, 12 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beredar rumor di masyarakat bahwa virus HIV bisa ditularkan melalui jarum suntik di yang diletakkan di bawah kursi bioskop.

Jarum Suntik di Bawah Kursi Bioskop  Bisa Tularkan HIV?

Bioskop tak lagi terasa aman. Belakangan ada informasi yang menyebutkan bahwa jarum suntik yang diletakkan di bawah kursi bioskop bisa menjerat seseorang pada Penyakit HIV.

HIV adalah virus yang dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita, misalnya darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan ini dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, berganti jarum suntik, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya.

 

Faktor Resiko Penularan HIV Melalui Jarum Suntik

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), terdapat 4 faktor yang meningkatkan risiko Penularan HIV melalui jarum suntik, yakni:

  1. Kedalaman jarum yang menusuk
  2. Darah yang terlihat atau terdapat di dalam jarum
  3. Jarum menusuk pada pembuluh darah vena atau arteri
  4. Banyaknya darah yang masuk

Penelitian menyebutkan bahwa risiko seseorang terinfeksi HIV dari jarum suntik yang tidak sengaja tertusuk di tubuh adalah sebesar 0,3% atau 1:300. Artinya, sebanyak 99,7% kasus tidak menyebabkan infeksi virus HIV.

Sedangkan, risiko setelah terpapar darah yang terinfeksi HIV (jika tidak ada luka di kulit) adalah kurang dari 0,1%. Ini karena virus HIV tidak dapat bertahan lama di luar tubuh manusia dan suhu yang panas (600C), serta sangat sensitif terhadap perubahan pH.

Namun meski risiko tertular virus HIV dari tusukan jarum suntik yang tidak disengaja sangat kecil, Anda harus tetap waspada. Jika Anda tak sengaja tertusuk, segera cuci area tubuh yang terkena dengan sabun dan air mengalir atau cairan disinfektan (chlorhexidine gluconate).

(NB/ RH)

Jarum SuntikHIV/AIDSHIV

Konsultasi Dokter Terkait