HomeIbu Dan anakKehamilanCara Mudah Cegah Stretch Mark Saat Hamil
Kehamilan

Cara Mudah Cegah Stretch Mark Saat Hamil

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 08 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak perlu repot, lakukan cara ini untuk cegah stretch mark saat hamil.

Cara Mudah Cegah Stretch Mark Saat Hamil

Stretch mark menjadi sumber kerisauan hati para wanita, terlebih wanita hamil. Bagaimana tidak, guratan kulit ini dapat memengaruhi penampilan dan tingkat kepercayaan diri secara langsung. Adakah cara untuk mencegahnya?

Stretch mark merupakan garis halus pada kulit akibat peregangan tiba-tiba atau yang melebihi kapasitas dari elastisitas kulit. Data menunjukkan, 75–90% wanita hamil akan mengalami kondisi ini. Parahnya, risiko ini akan meningkat bila ada riwayat serupa dalam keluarga.

Bukan Penyakit

Stretch mark pada kehamilan biasa timbul di perut, payudara, dan paha atas. Mulanya, kondisi ini muncul sebagai garis halus berwarna merah muda dan terasa gatal. Bila dibiarkan, garis tersebut menjadi berwarna putih dengan kulit mengendur di sekitarnya.

Sebenarnya, stretch mark bukanlah tanda bahaya atau penyakit serius. Tetapi, kehadirannya dapat sangat mengganggu, atau bahkan menurunkan kualitas hidup orang yang mengalaminya.

 

Lakukan Ini

Jika Anda tidak ingin terkena stretch mark saat hamil, berikut cara yang bisa dilakukan:

  • Pastikan kebutuhan cairan Anda tercukupi. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung lebih elastis, dan tidak mudah meninggalkan bekas ketika teregang. Dengan demikian, risiko kejadian stretch mark saat hamil akan semakin kecil.
  • Oleskan minyak atau krim pada area yang rentan mengalami stretch mark. Studi ilmiah menunjukkan, penggunaan minyak dapat mengurangi timbulnya stretch mark secara signifikan. Minyak yang umum dipakai adalah minyak zaitun dan cocoa butter, karena mengandung vitamin E dan antioksidan.
  • Hindari menggaruk area yang gatal. Kulit yang meregang akan terasa sangat gatal. Jangan tergoda untuk menggaruknya, karena hanya akan memperburuk keadaan. Untuk mengurangi rasa gatal, Anda dapat oleskan minyak di area tersebut.
  • Atur pola makan Anda. Ibu hamil kerap dinasihati untuk makan dalam jumlah banyak, seperti porsi dua orang. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Makan dalam jumlah banyak justru akan menyebabkan kenaikan berat badan, dan membuat kulit teregang hebat hingga akhirnya memicu timbulnya stretch mark. Karena itu, pastikan pola makan Anda tetap seimbang meski sedang hamil.

Dengan cara di atas, diharapkan Anda dapat terhindar dari kehadiran stretch mark saat hamil. Selamat mencoba!

(NB/ RH)

Wanita HamilStretch MarkHamil

Konsultasi Dokter Terkait