HomeGaya hidupSehat dan BugarMandi Malam Hari, Harus Pakai Air Hangat atau Dingin?
Sehat dan Bugar

Mandi Malam Hari, Harus Pakai Air Hangat atau Dingin?

dr. Theresia Rina Yunita, 10 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saat mandi di malam hari, mana yang lebih baik bagi kesehatan: air hangat atau dingin? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Mandi Malam Hari, Harus Pakai Air Hangat atau Dingin?

Padatnya rutinitas harian mungkin membuat kamu mau tidak mau baru tiba di rumah ketika sudah malam, bahkan terkadang hingga larut. Untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas, mandi malam hari dapat menjadi pilihan.

Akan tetapi, apakah boleh mandi malam hari? Kira-kira, mana yang lebih baik untuk kesehatan, mandi air dingin atau mandi air hangat?

Mandi Menggunakan Air Hangat atau Air Dingin?

Sebenarnya, manfaat air dengan berbagai suhu yang berbeda sudah dikenal sejak lama. Istilah yang sering digunakan untuk hal ini adalah hydrotherapy.

Suhu air memiliki peran penting dalam hydrotherapy. Pasalnya, suhu air yang berbeda dapat memengaruhi tubuh secara berbeda pula. 

Namun, baik air hangat maupun dingin, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan, terutama ketika digunakan untuk mandi di malam hari.

Manfaat mandi malam hari dapat membantu kamu untuk tidur. Setelah mandi menggunakan air hangat, tubuh akan berusaha menurunkan suhu tubuh basal sehingga membuat Anda lebih mudah tidur. 

Mandi sebelum tidur juga membuat tubuh lebih relaks, sehingga kamu lebih mudah terlelap.

Artikel lainnya: Tidak Boleh Mandi Saat Demam, Mitos atau Fakta?

Efek Mandi Malam Hari dengan Air Dingin

Manfaat mandi malam dengan air dingin di antaranya:

  • Memberikan sensasi segar pada tubuh
  • Mampu membuat kamu lebih bersemangat
  • Membantu menghilangkan kantuk
  • Merangsang pengeluaran berbagai hormon, seperti noradrenalin dan dopamin. Kondisi ini menyebabkan pelebaran pembuluh darah ke kulit yang bertujuan mempertahankan suhu pada daerah tersebut
  • Air dingin dapat membuat tubuh berusaha menghangatkan diri, sehingga metabolisme tubuh akan dipercepat dan sistem kekebalan tubuh akan diaktifkan
  • Manfaat mandi air dingin bagus untuk kulit. Air dingin akan memperkecil pori-pori kulit
  • Suhu dingin akan mempersempit pembuluh darah, sehingga peredaran darah lebih cepat
  • Manfaat mandi malam dengan air dingin juga dapat mengurangi rasa nyeri pada luka dan pembengkakan. Manfaat ini dapat lebih dirasakan jika menggunakan pengompresan

Akan tetapi, kamu perlu waspada mengenai bahaya mandi air dingin di malam hari, karena bisa saja menimbulkan nyeri sendi

Meskipun sering dikaitkan dengan rematik, bila merasakan nyeri sendi akibat mandi malam bukan berarti kamu menderita rematik, ya.

Artikel lainnya: Mandi Air Dingin Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak, Benarkah?

Efek Mandi Malam Hari dengan Air Hangat

Manfaat mandi air hangat di malam hari cukup beragam, seperti:

  • Menurunkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas. Air hangat dapat membantu melemaskan otot dan membuat kamu merasa lebih santai
  • Mengurangi tingkat stres, caranya dengan berendam air hangat yang telah diberi aromaterapi
  • Efek mandi malam hari dengan air hangat dapat menurunkan tingkat kecemasan
  • Berpotensi memunculkan ide kreatif, sebab kecemasan mereda dan jalan keluar dari masalah terpikirkan

Sebelum mandi malam hari atau berendam dengan air hangat, kamu harus berhati-hati. Selalu gunakan air hangat, bukan air panas. 

Bahaya mandi dengan air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit kering. Sebaiknya gunakan pelembap setelah mandi air hangat untuk mencegah kulit kering.

Artikel lainnya: Ternyata, Mandi Tidak Pakai Sabun Ada Manfaatnya!

Jadi, Lebih Baik Mana?

Mandi malam hari dengan air hangat ataupun air dingin memiliki manfaat yang berbeda-beda. Kamu bisa mencoba menggunakan air hangat dan air dingin secara bergantian untuk mengetahui kecocokan antara tubuh dengan suhu air.

Namun, jika kamu ingin lebih mudah terlelap saat tidur, sebaiknya gunakan air hangat saja. Hindari air yang terlalu panas, ya. 

Air panas justru membuat tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali ke suhu tubuh basal, yakni sekitar 60-90 menit.

Lalu, jam berapa mandi malam hari ideal? Disarankan untuk mandi 1-2 jam sebelum tidur, tapi sebaiknya tidak melebihi pukul 8 malam. 

Lebih cepat mandi tentu akan memengaruhi jam tidur kamu juga. Misalnya, ketika mandi lebih awal, kamu dapat merasakan kantuk yang lebih awal juga. 

Jadi, masing-masing suhu air memiliki keunggulan tersendiri bagi kesehatan. Kamu bisa memanfaatkan keunggulan tersebut dalam aktivitas sehari-hari, misalnya mandi pagi dengan air dingin dan mandi malam dengan air hangat setelah seharian beraktivitas. 

Download aplikasi KlikDokter yang punya beragam info kesehatan yang penting untuk kamu. Di sini kamu juga bisa tanya dokter online, lho!

(FR/JKT)

Air DinginAir hangatMandi Malam

Konsultasi Dokter Terkait