HomeGaya hidupSehat dan BugarCara Hilangkan Jamur di Pakaian
Sehat dan Bugar

Cara Hilangkan Jamur di Pakaian

dr. Kartika Mayasari, 04 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak perlu repot, cara ini efektif hilangkan jamur di pakaian.

Cara Hilangkan Jamur di Pakaian

Setiap orang pasti kesal saat menemukan pakaian kesayangan ditumbuhi jamur. Sebab tumbuhan jenis spora ini bisa menimbulkan bintik hitam di pakaian. Ya, jamur di pakaian memang akan merusak penampilan. Selain itu, ada risiko gangguan kesehatan juga yang mengintai Anda.

Jamur bisa tumbuh di pakaian akibat disimpan terlalu lama di tempat lembap. Pada dasarnya, jamur adalah jenis flora yang dapat tumbuh dengan leluasa di daerah yang lembap, kedap udara, atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.

Jika ditumbuhi jamur, apakah pakaian sudah tidak bisa digunakan lagi? Tentu saja bisa. Tapi dengan catatan, jamur yang menempel harus dibersihkan terlebih dahulu agar Anda tak mengalami gangguan kesehatan.

Untuk membersihkan jamur yang menempel di pakaian, ini cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Sikat bagian yang terkena jamur

    Sikatlah bagian pakaian yang berjamur dengan sikat gigi yang dioleskan cairan penghilang noda, cuka, boraks, atau hidrogen peroksida. Saat proses penyikatan, pastikan Anda melakukannya dengan lembut dan perlahan. Tujuannya untuk mencegah kerusakan pada pakaian.
  2. Kucek dan bilas pakaian dengan air panas

    Setelah disikat, kucek dan bilaslah pakaian Anda menggunakan air panas atau air hangat. Namun sebelum melakukannya, periksa label pakaian dan pastikan bahwa pakaian tersebut aman untuk berkontak air panas/ hangat. Jika label pakaian tidak menyarankan Anda untuk melakukannya, sebaiknya gunakan air biasa sebagai alternatifnya.
  3. Jemur di bawah sinar matahari

    Setelah melewati dua proses di atas, jemurlah pakaian di bawah sinar matahari. Sekali lagi, baca label pakaian terlebih dahulu sebelum melakukan ini. Sebab beberapa material pakaian tidak baik untuk dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Dengan cara di atas, diharapkan jamur di pakaian dapat segera disingkirkan. Anda pun dapat kembali menggunakan pakaian kesayangan tanpa harus khawatir akan risiko gangguan kesehatan.

(NB/ RH)

pakaianJamurPakaian Berjamur

Konsultasi Dokter Terkait