Sukses

Daun Sirih, Si Hijau Penjaga Kesehatan Vagina

Vagina Anda sering lembap dan tidak nyaman? Gunakan daun sirih untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Daun sirih sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya keputihan.

Keputihan biasanya bersifat normal dan tidak berbahaya. Tapi waspadalah jika berbau amis, berwarna putih keabuan, dan encer. Apalagi jika menyebabkan gatal dan nyeri saat buang air kecil.

Kondisi tersebut merupakan tanda dan gejala keputihan tidak normal. Hal ini paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

Secara alami, vagina memang memiliki bakteri baik maupun bakteri jahat. Tapi, jika bakteri jahat lebih banyak berkembang biak, maka terjadilah infeksi bakteri dan jamur.

Banyak sabun pencuci vagina yang dapat mengobati keputihan. Meski begitu, terkadang wanita lebih memilih cara alami untuk mengatasinya. Misalnya, dengan daun sirih.

Tetap sehat, bersih, dan bebas khawatir
Sebenarnya untuk membersihkan vagina, Anda cukup menggunakan air bersih yang hangat tanpa sabun cuci. Namun, beberapa wanita juga menggunakan rebusan daun sirih untuk membilas vagina.

Tak heran, sebab daun sirih dikenal memiliki fungsi antiseptik, sehingga dapat membunuh bakteri serta jamur pada vagina. Bila terlalu merepotkan, sesekali Anda bisa menggunakan cairan daun sirih.

Keputihan memang hal yang normal dialami kaum wanita. Tapi, bila hal ini sudah mengganggu, Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti daun sirih untuk membunuh bakteri penyebab keputihan.

[RS/ RH]

1 Komentar