Sukses

Ketahui Penanganan Eksostosis Lewat Pengalaman Hamish Daud

Baru-baru ini, aktor Hamish Daud menjalani operasi akibat eksostosis.

Klikdokter.com, Jakarta Aktor Hamish Daud baru saja menjalani operasi telinga. Penyebabnya adalah adanya eksostosis atau pertumbuhan tulang abnormal—dalam kasus kekasih Raisa ini, terjadi dalam liang telinga.

Eksostosis juga dikenal dengan nama surfer’s ear, karena banyak mengenai para pencinta olahraga selancar. Diduga, hal ini dipicu oleh paparan air dingin dalam waktu yang lama.

Untuk menangani eksostosis telinga, dokter umumnya memfokuskan pada pencegahan peradangan telinga luar. Liang telinga yang menyempit akibat pertumbuhan tulang ini, memang dapat membuat telinga luar meradang. Selain itu, penderita bisa mengalami penurunan pendengaran atau terperangkapnya kotoran telinga.

Sebenarnya, eksostosis rata-rata tidak menimbulkan gejala atau ancaman terhadap kesehatan. Namun, jika bergejala, penderita disarankan untuk melakukan operasi.

Setelah operasi, sebaiknya hindari paparan dan aktivitas dengan air dingin selama 2-6 minggu agar tidak infeksi. Pertumbuhan tulang bisa saja kambuh apabila terus-menerus terkena air dingin, meski sangat jarang terjadi.

Agar tidak terkena eksostosis, sebisa mungkin hindari paparan terhadap situasi ekstrem—salah satunya, air yang sangat dingin. Apabila Anda menyukai olahraga air, gunakanlah pelindung telinga saat beraktivitas.

Berkaca dari kasus Hamish Daud, eksostosis yang bergejala hanya dapat disembuhkan dengan operasi. Namun, terdapat cara-cara untuk mencegah munculnya penyakit ini.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar