Sukses

Orang dengan HIV/AIDS Lebih Rentan Terhadap Kanker

Lemahnya daya tahan tubuh menyebabkan orang dengan HIV AIDS lebih rentan terserang berbagai jenis kanker.

Klikdokter.com, Jakarta Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) memiliki daya tahan tubuh yang membuatnya lebih mudah untuk tertular berbagai infeksi yang berujung pada kematian. Bahkan tak hanya penyakit infeksi saja, berbagai jenis kanker juga lebih mudah menyerang ODHA.

ODHA rentan mengalami kanker kelenjar getah bening (limfoma), kanker pembuluh darah (sarkoma kaposi), dan kanker serviks. Studi menunjukkan bahwa ODHA lebih berpeluang dua kali lipat untuk mengalami kanker tersebut dibandingkan orang sehat.

Semakin lemah daya tahan tubuhnya, semakin rentan ODHA mengalami kanker. Demikian dijelaskan oleh Otis Webb Brawley, MD., MACP., dalam simposium Role of Internist in Cancer Management (ROICAM) tanggal 7 April 2017 lalu.

Kanker pada ODHA lebih berpotensi mengancam nyawa dibandingkan penyakit infeksi. Kabar baiknya, dengan mengonsumsi antiretroviral therapy (ART) secara rutin, risiko terkena kanker akan menurun.

“Pengobatan HIV akan memperbaiki daya tahan tubuh ODHA. Secara sederhana, hal tersebut akan membuat tubuhnya mampu untuk menekan sel kanker agar tidak berkembang dan bertambah banyak,” jelas ahli kanker asal Amerika ini.

Hingga kini, HIV/AIDS memang belum dapat disembuhkan. Namun pengobatan ART yang ada saat ini mampu menekan virus HIV hingga jumlahnya tak terdeteksi lagi dalam tubuh. Karena itu, penderita HIV dapat hidup sehat, hampir sama seperti orang normal.

Agar ODHA terhindar dari bahaya infeksi dan kanker, antiretroviral therapy harus di minum secara teratur sesuai petunjuk dokter. Salam sehat.

(DA/ RH)

1 Komentar

  • Jasmine Lutfiah Sekar

    Positif terinfeksi HIV/AIDS? Jangan panik formula herbal racik dah terbukti mendongkrak sistem imun ,hingga virus tertekan jadi negatif.Minat? Serius? Hub Wa 082318506211 bb D2F597C8