Sukses

Pusing Saat Olahraga? Mungkin Ini Sebabnya

Kerap pusing saat olahraga? Cari tahu penyebabnya dan cegah sekarang juga!

Klikdokter.com, Jakarta Sehat jasmani dan rohani adalah impian setiap orang. Untuk meraihnya, olahraga adalah solusi paling baik. Namun terkadang, di saat sedang berolahraga, tiba-tiba kepala pusing tidak karuan. Kenapa, ya?

Inilah enam kondisi yang bisa bikin kepala pusing saat olahraga:

  1. Kekurangan cairan (dehidrasi)

    Kurangnya cairan (dehidrasi) saat olahraga bisa membuat kepala Anda pusing. Untuk mencegahnya, Anda dianjurkan minum sebanyak 500 ml dua jam sebelum berolahraga. Pastikan juga Anda langsung minum saat rasa haus mulai terasa.

  2. Gangguan kesehatan tertentu

    Pusing saat olahraga dapat menjadi indikasi adanya penyakit di tubuh Anda. Salah satu penyakit yang berdampak seperti ini adalah gangguan jantung, seperti hipertensi.

    Untuk mengurangi intensitasnya, Anda disarankan untuk pemanasan dan pendinginan selama 5 menit. Dengan demikian, pasokan oksigen di jantung akan tetap tercukupi.

  3. Kadar gula darah rendah

    Rendahnya kadar gula darah (hipoglikemia) membuat tubuh tidak cukup mendapatkan asupan gula, sehingga pusing saat olahraga sangat mungkin terjadi. Agar ini tidak terjadi, sebaiknya makanlah 2- 4 jam sebelum berolahraga.

  4. Cara bernapas yang salah

    Cara bernapas yang salah saat berolahraga, dapat berujung pada keluhan pusing. Misalnya bernapas terlalu cepat atau terlalu dalam.
    Karena itu, aturlah napas Anda sedemikian rupa. Hindari bernapas terlalu cepat atau lambat agar tenaga tetap terjaga dan terhindar dari pusing saat olahraga.

  5. Tekanan darah rendah

    Pusing saat olahraga bisa disebabkan oleh tekanan darah yang rendah. Untuk mencegahnya, Anda bisa makan kacang-kacangan, sayur, atau buah 2 sampai 4 jam sebelum mulai olahraga.

  6. Berhenti tiba-tiba

    Berhenti secara tiba-tiba saat sedang berlari atau bersepeda dapat memicu pusing. Ini karena saat berolahraga jantung memompa lebih cepat untuk mengalirkan darah ke otot-otot yang sedang bekerja.

Ketika tubuh berhenti bergerak, jantung langsung memperlambat aktivitasnya dan pembuluh darah masih dalam keadaan melebar. Pada akhirnya, proses ini akan menyebabkan pusing saat olahraga.

Dengan segala informasi di atas, diharapkan pusing saat olahraga tidak akan menyerang Anda. Karena sejatinya olahraga adalah kegiatan yang membuat tbuh lebih segar dan sehat.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar