Sukses

Mana Lebih Baik, Jus Cold-Pressed atau Jus Biasa?

Animo masyarakat terhadap jus cold-pressed akhir-akhir ini semakin meningkat. Mana yang lebih baik, jus cold-prassed atau jus biasa?

Klikdokter.com, Jakarta Maraknya gerakan hidup sehat membuat banyak orang mulai beralih dari minuman manis, seperti soft drink dan milkshake), ke minuman segar seperti cold-pressed juice. Bahkan, sebagian orang menjadikannya sebagai pengganti sarapan pagi karena dianggap jus lebih efisien.

Ngomong-ngomong soal cold-pressed juice, sebenarnya apa yang membuatnya berbeda dengan jus biasa? Pada dasarnya proses pembuatan minuman cold-pressed serupa dengan pembuatan jus biasa dimana buah atau sayur diperas di antara dua piringan besi untuk mengambil ekstraknya.

Ekstraktor jus yang modern umumnya memotong atau menggiling produk buah atau sayur sebelum diberikan tekanan hidraulik untuk mengambil sari dari tumbuhannya.

Karena umumnya disajikan langsung dan segar, minuman ini menyimpan sebagian besar vitamin dan mineral dari buah tersebut. Selain itu, cold-pressed juice juga umumnya tidak mengandung tambahan gula atau pemanis buatan seperti pada minuman jus berbotol.

Selain itu, jus yang merupakan gabungan dari beberapa buah dan sayur umumnya memiliki sederetan nutrisi yang lebih baik daripada mengonsumsi satu jenis buah saja.

Meski demikian, secara umum jus memiliki jumlah serat yang lebih rendah dibanding mengonsumsi buah atau sayur secara langsung. Selain itu, jus buah juga memiliki kemungkinan meningkatkan indeks glikemik tubuh lebih tinggi dari pada memakan buah tersebut secara langsung.

Jadi, cold-pressed juice merupakan asupan yang sehat dan cara yang efisien untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka, jangan ragu untuk menyelingi asupan jus pada menu harian Anda dengan buah dan sayur.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar