Sukses

Sering Menatap Layar Komputer Bisa Memicu Mata Minus?

Masyarakat modern sulit dipisahkan dari komputer. Konon, sering menatap layar komputer bisa memicu mata minus.

Klikdokter.com, Jakarta World Health Organization (WHO) menganggap mata minus atau myopia merupakan salah satu penyebab berkurangnya kemampuan penglihatan seseorang di seluruh dunia. Prevalensi mata minus meningkat drastis akhir-akhir ini, sehingga menjadi perhatian khusus WHO.

Kejadian mata minus sering kali dikaitkan dengan penggunaan perangkat elektronik seperti komputer. Dokter mata di seluruh dunia percaya, penggunaan komputer secara berlebihan dan dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan resiko mata minus.

Mata minus adalah kondisi dimana mata tidak mampu melihat objek yang letaknya jauh, sehingga disebut rabun jauh. Ketika melihat suatu benda, maka cahaya yang dihasilkan benda tersebut akan diteruskan melalui kornea dan lensa mata. Kemudian akan dibengkokan sehingga cahaya atau bayangan jatuh tepat di retina yang berada dibelakang mata.

Pada mata minus, cahaya atau bayangan dari benda tidak jatuh tepat di retina melainkan di depan retina. Sehingga ketika melihat benda yang letaknya jauh ,maka bayangan yang dihasilkan akan buram atau tidak jelas.

Kondisi ini terjadi akibat panjang bola mata yang lebih panjang dari biasanya, kelengkungan kornea yang lebih lengkung dari normal, atau ketebalan lensa yang tidak sesuai. Atau bisa juga merupakan hasil kombinasi ketiganya.

Faktor genetik disebut-sebut sebagai faktor resiko utama terbentuknya mata minus. Akan tetapi faktor lingkungan ternyata berperan sama pentingnya.

Aktivitas yang meliputi penglihatan jarak dekat dalam waktu lama seperti membaca dan menatap layar komputer dapat mengubah bentuk bola mata Anda. Hal ini dikatakan oleh dr. David S. Friedman, profesor di bidang mata dan Wilmer Eye Institute di Johns Hopkins Medical Center.

Mata minus dapat diatasi dengan penggunaan kacamata minus atau soft lens. Namun mata minus juga berpotensi menyebabkan peningkatan risiko penyakit mata lainnya seperti glaukoma, terlepasnya sel-sel retina, hingga kebutaan permanen.

Peraturan 20-20 adalah cara untuk mencegah mata minus akibat penggunan komputer. Maksudnya, istirahatkan mata selama 20 detik setiap 20 menit bekerja atau bermain saat menatap layar komputer.

Ya, komputer memang tidak bisa dipisahkan dari hidup manusia modern. Namun, Anda tak harus berurusan dengan mata minus bila dapat mengistirahatkan mata dan menjaganya dengan baik.

[BA/ RH]

1 Komentar