Sukses

Pentingnya Mengganti Bantal Secara Berkala

Kapan terakhir kali Anda mengganti bantal? Sebulan yang lalu? Atau jangan-jangan tidak pernah menggantinya sama sekali?

Klikdokter.com, Jakarta Bantal merupakan salah satu perlengkapan yang menjadi modal utama untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Karena itu, mengganti benda ini secara berkala adalah hal penting.

National Sleep Foundation menganjurkan Anda untuk menganti bantal 1 kali dalam setahun. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa ada dua kondisi yang membuat Anda harus mengganti bantal setiap 6 bulan sekali. Dua kondisi tersebut adalah:

  • Bantal tidak menopang kepala dan leher dengan baik

    Bantal yang tidak mampu menopang kepala dan leher dengan baik membuat Anda mengalami kaku dan nyeri leher di pagi hari. Tenaga pun tidak akan pulih sepenuhnya. Akibatnya Anda akan mengalami kesulitan untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

  • Bentuk bantal sudah tidak beraturan

    Semakin tidak beraturan, semakin sulit bantal untuk disesuaikan dengan posisi kepala dan leher. Jika Anda tidur menggunakan bantal jenis ini, bukan tidak mungkin pagi hari Anda akan merasakan keluhan-keluhan yang tidak diinginkan.

Selain yang sudah disebutkan, bantal juga harus dijaga kebersihannya. Sebab Anda menggunakannya setiap hari. Bahkan benda ini bersentuhan langsung dengan kulit kepala dan wajah.

Mengabaikan kebersihannya akan menjadikan bantal sebagai tempat penyimpanan debu, lemak atau jaringan kulit mati. Bila terus menggunakannya, potensi Anda terkena jerawat atau alergi akan semakin besar.

Dalam menjaga kebersihannya, Anda dapat meletakkan pelapis di antara bantal dan sarungnya. Jangan lupa untuk mencuci sarung dan mengganti pelapis tersebut secara rutin.

Ketika mencuci, perhatikan petunjuk yang tertera di bantal. Beberapa bantal dapat dicuci dengan air saja, sedangkan sebagian lainnya harus dicuci lewat proses dry cleaning.

Ingat, bantal yang baik sangat berperan dalam memulihkan tenaga dan menjaga kesehatan tubuh Anda seluruhnya. Jangan korbankan dua hal ini dengan tetap mempertahankan bantal lama Anda.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar