Sukses

Mana yang Lebih Sehat, Roti Gandum Utuh atau Biasa

Apakah semua roti yang mengandung gandum sama sehatnya?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi penderita diabetes atau obesitas, roti gandum merupakan pilihan yang baik karena kandungan serat dan zat gizi dianggap lebih lengkap daripada roti putih. Tetapi, apakah semua roti dengan ‘label’ gandum sama sehatnya?

Roti gandum dikenal menyehatkan karena kandungan seratnya. Serat yang dikandung dalam roti gandum merupakan serat yang tidak larut dan sulit dicerna. Selanjutnya serat ini akan melewati saluran pencernaan dalam keadaan utuh sehingga meningkatkan berat tinja dan memicu buang air besar.

Pada anak, konsumsi serat gandum ini dapat mengurangi risiko sembelit. Di samping itu, serat gandum juga bersifat sebagai prebiotik sehingga baik untuk kesehatan usus.
Untuk mendapatkan manfaat dari serat gandum, Anda harus mengetahui jenis roti gandum yang ada di pasaran. Roti gandum biasanya berasal dari biji gandum utuh. Namun ada juga yang dibuat dari tepung gandum atau disebut gandum biasa.

Roti yang berasal dari biji gandum utuh mengandung seluruh bagian gandum, yaitu kulit/ dedak yang kaya serat, bagian inti yang kaya nutrisi, dan endosperma yang kaya karbohidrat. Berbeda dengan roti gandum utuh, roti gandum biasa telah kehilangan bagian kulit dan inti melalui proses penggilingan.

Roti gandum biasa ini tidak berserat dan hanya mengandung endosperma yang tinggi karbohidrat. Karena itu kandungan gizinya pun pada akhirnya serupa dengan roti putih.

Berdasarkan alasan-alasan di atas, maka jelaslah bawa roti yang terbuat dari 100% biji gandum utuh merupakan roti paling sehat dan bergizi. Tapi berhati-hatilah, sebab tak semua label ‘whole wheat’ benar-benar mengandung gandum utuh. Anda harus memilih roti dengan label ‘100% whole wheat’ pada kemasannya.

Roti yang sehat harus pula mengandung 3 gram serat, kurang dari 200 mg natrium, dan kurang dari 2 gram gula per potong. Lebih baik lagi bila Anda dapat menghindari roti-roti yang mengandung pewarna dan perisa buatan, serta pengawet.

Selain itu, jauh lebih baik bila Anda memilih roti gandum utuh yang fresh from the oven. Namun bila tidak memungkinkan, roti gandum kemasan juga bisa menjadi alternatif.

Roti gandum utuh biasanya berwarna kecoklatan. Tetapi ada pula yang berwarna putih karena dibuat dari biji gandum albino. Warna dan rasanya lebih ringan daripada biji gandum yang merah kecoklatan.

Kandungan gizinya sama persis dengan roti gandum coklat. Bila Anda lebih menyukai rasa roti putih dengan kandungan gizi dan serat seperti di dalam roti gandum, jenis roti ini dapat dipilih.

Ingatlah bahwa hanya roti yang seratus persen berasal dari biji gandum utuh yang benar-benar menyehatkan. Pastikan Anda cermat dan selalu melakuka pengecekan label kemasan sebelum membeli.

[DA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar