Sukses

Pertolongan Pertama Saat Terkena Air Keras

Terkena air keras bisa membuat kulit mengalami luka bakar. Apa yang dapat dilakukan untuk pertolongan pertama?

Klikdokter.com, Jakarta Terkena air keras bisa membuat kulit melepuh dan merusak organ lainnya. Karena itu, penting untuk mengetahui pertolongan pertamanya dengan baik. Pada prinsipnya, metode yang harus dilakukan mirip dengan penanganan luka bakar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tutupi wajah

    Wajah merupakan target utama serangan air keras yang paling umum. Alasannya, kerusakan yang ditimbulkan pada wajah dapat sangat parah. Karena itu, sebisa mungkin tutup wajah dengan tangan atau benda lain untuk meminimalkan paparan air keras.

  2. Bilas dengan air sebanyak mungkin

    Jangan buru-buru ke rumah sakit, karena membilas dengan air adalah kunci utama penanganan yang harus Anda lakukan segera. Air keras akan terus merusak jaringan tubuh.

    Jika Anda menunda pertolongan pertama (yang cepat dan tepat), maka hal terburuk pun bisa terjadi. Apalagi jika bagian mata yang terkena, bisa-bisa Anda mengalami kebutaan. Gunakan air mineral dalam botol bila kesulitan menemui sumber air terdekat.

    Pastikan juga Anda menggunakan air bersih, bersuhu normal (tidak panas atau terlalu dingin), serta dalam jumlah yang banyak. Lakukan minimal 30 menit hingga sensasi rasa terbakar berkurang.

  3. Hindari mengoleskan krim, minyak, atau obat apa pun ke daerah yang terkena

    Penggunaan krim, minyak atau obat lainnya yang dipercaya mampu mengatasi efek luka bakar sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini akan memengaruhi penanganan yang akan diberikan oleh dokter nantinya.

  4. Lepas perhiasan, baju, atau benda apa pun yang menempel pada tubuh yang terkena air keras

    Lepaskan segala benda yang terkena air keras. Misalnya, jika Anda memakai baju yang terkena air keras, segera lepas baju tersebut. Hal ini juga memudahkan proses pembilasan dengan air.

  5. Hindari kontak pada daerah yang terkena air keras

    Hindari menutup luka bakar dengan benda apa pun, apalagi yang tidak steril. Kasa steril memang dapat digunakan untuk membungkus luka bakar, tapi tidak boleh terlalu kuat.

    Hal ini bertujuan untuk mencegah kontaminasi, misalnya selama perjalanan ke rumah sakit. Namun, jika tidak ada, biarkan saja tanpa ditutup dan segeralah ke rumah sakit.

Setelah menyelesaikan tahap-tahap di atas, segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan. Hal yang tak kalah penting, jangan panik dan tetap tenang saat terkena air keras. Asalkan melakukan pertolongan pertama yang tepat, maka dampak terburuk dapat dicegah.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar