Sukses

5 Penyebab Berat Badan Sulit Turun Usai Melahirkan

Kesulitan menurunkan berat badan setelah melahirkan? Mungkin ini sebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit wanita yang mengeluh sulit menurunkan berat badan usai melahirkan. Padahal sudah memberikan ASI ekslusif dan mengurus anak tanpa bantuan siapapun. Lantas, apa yang salah?

Inilah lima kondisi mengapa berat badan wanita sulit turun usai melahirkan:

  1. Metabolisme menurun

    Menginjak usia 25, metabolisme wanita akan menurun secara perlahan. Jadi, meski Anda memberikan ASI eksklusif, mengurus anak tanpa bantuan siapa pun, atau melakukan sederet aktivitas lain, berat badan akan tetap sulit turun.

    Kondisi di atas menjadi semakin parah jika Anda makan lebih banyak dari porsi semula. Usai melahirkan, sebenarnya Anda hanya butuh tambahan 300 kalori sehari, atau setara dengan setangkup roti gandum beserta keju dan sayuran.

  2. Pilihan makanan yang salah

    Ibu yang sedang menyusui memang tidak disarankan diet ketat. Namun ini bukan berarti Anda tidak menjalankan diet sehat.
    Dengan pilihan makanan yang tepat, kalori harian pun dapat dijaga. Sehingga, penurunan berat badan setelah melahirkan akan semakin mudah dilakukan.|

  3. Tidak berolahraga

    Kurang berolahraga juga menjadi salah satu alasan mengapa berat badan sulit turun usai melahirkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda ubah kebiasaan ini.

    Untuk berolahraga, Anda pun tidak perlu datang ke pusat kebugaran. Anda bisa lari pagi dengan mendorong si Kecil di kereta dorongnya. Kalori ibu akan terbakar, bayi pun mendapatkan udara segar di pagi hari.

  4.  Kurang tidur dan stres

    Ibu yang jam tidurnya kurang dari 5 jam sehari berisiko 3 kali lipat untuk tetap menyimpan kelebihan berat badannya. Solusinya adalah ikut tidur saat bayi terlelap di siang hari.

    Sejalan dengan kurang tidur, stres yang dialami ibu baru juga turut berkontribusi pada berat badan sulit turun usai melahirkan. Solusinya, Anda dapat ‘curhat’ dengan suami, atau bergabung dengan forum ibu-ibu baru untuk berbagi cerita.

  5. Gangguan tiroid

    Berat badan sulit turun usai melahirkan juga bisa disebabkan oleh gangguan tiroid. Jadi, bagi Anda yang sudah berusaha menurunkan berat badan tapi hasilnya sia-sia, jangan ragu untuk segera berkunjung ke dokter.

    Sulit bukan berarti tidak bisa. Dengan komitmen dan usaha, niscaya berat badan Anda akan turun ke semula. Ingat, penurunan berat badan yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 0,5 kg setiap minggunya, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar