Sukses

Gerakan Yoga Ini Bisa Atasi Depresi

Studi menemukan bahwa yoga mungkin dapat bermanfaat untuk mengobati depresi.

Klikdokter.com, Jakarta Kelas-kelas yoga telah tersedia di hampir setiap pusat kebugaran. Selain untuk relaksasi, latihan fisik ini dikatakan bermanfaat untuk menangani depresi.

Studi yang dilakukan di Boston University School of Medicine mencoba meneliti hubungan antara yoga dan depresi. Hasilnya, berpartisipasi dalam Iyengar yoga dan latihan pernapasan dapat menurunkan gejala depresi secara signifikan pada penderita depresi berat.

Para peneliti berpendapat, Iyengar yoga dan latihan pernapasan dapat membuat pikiran lebih tenang. Tubuh juga akan lebih segar dan siap untuk menjalani aktivitas selanjutnya.

Selain itu, para peneliti mengatakan Iyengar yoga baik untuk dilakukan sekitar dua kali seminggu. Durasinya bisa sekitar 30 sampai 90 menit setiap kalinya.

Menurut Yoga Journal, beberapa pose yoga yang dapat mengurangi depresi di antaranya downward-facing dog pose, child’s pose, dan shoulder stand. Ketiganya dapat membuat tubuh berenergi, menenangkan saraf-saraf, sekaligus membuat sistem endokrin seimbang.

Walaupun begitu, hasil penelitian tersebut belum dapat memastikan adanya hubungan sebab-akibat antara yoga dan depresi. Masih dibutuhkan pengkajian lebih lanjut untuk memastikan manfaat yoga dalam mengatasi depresi.

Karena itu, yoga tidak bisa dijadikan satu-satunya pegangan untuk mengatasi depresi. Bila Anda atau orang di sekitar tampak mengalami depresi, bicarakan segera pada tenaga kesehatan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar