HomeGaya hidupDiet dan NutrisiSehatkah Diet Bebas Gluten?
Diet dan Nutrisi

Sehatkah Diet Bebas Gluten?

dr. Kartika Mayasari, 11 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Diet bebas gluten kian populer beberapa tahun terakhir. Tapi, apakah diet ini sehat?

Sehatkah Diet Bebas Gluten?

Berbagai produk gluten-free dapat Anda lihat di rak-rak supermarket besar. Mulai dari biskuit hingga saus sambal. Tapi, apakah diet ini baik untuk semua orang?

Gluten adalah sejenis protein yang biasa ditemukan dalam tanaman serealia atau biji-bijian seperti gandum utuh. Gluten dapat menjaga elastisitas dalam makanan selama fase fermentasi produksi pangan. Pada roti, misalnya, gluten akan memberikan tekstur kenyal dan mengembang.

Awalnya, diet bebas gluten hanya dilakukan oleh penderita celiac, suatu gangguan sistem imun terhadap gluten. Diet ini penting bagi mereka, karena dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan demikian, usus dapat berfungsi secara maksimal dalam mencerna makanan serta menyerap gizi.

Lama-kelamaan, orang biasa yang tak memiliki celiac pun tertarik dengan diet bebas gluten ini. Mereka melakukannya karena ingin sehat ataupun menurunkan berat badan.

Namun sayangnya, pada orang biasa, telah dibuktikan bahwa diet bebas gluten tidak memberikan manfaat yang sama. Mereka justru berpotensi kekurangan vitamin B serta serat yang ada pada makanan bergluten.

Jadi, sebelum mencoba diet bebas gluten, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu pada ahli gizi. Jangan melakukannya karena diet ini sedang tren atau diminati oleh banyak orang. Tidak mau, kan, kekurangan nutrisi karena diet yang salah?

[RS/ RH]

DietKesehatanDiet Bebas Glutengluten

Konsultasi Dokter Terkait