Gigi Mulut

Memutihkan Gigi dengan Soda Kue, Aman atau Tidak?

drg. Callista Argentina, 16 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Menyikat gigi dengan baking soda atau soda kue bisa membuat gigi putih dan bebas karies gigi. Ketahui cara pakai baking soda untuk gigi di sini.

Memutihkan Gigi dengan Soda Kue, Aman atau Tidak?

Gigi yang putih dapat meningkatkan kepercayaan diri. Untuk memperoleh gigi putih, ada beragam cara yang bisa dilakukan, termasuk menggunakan baking soda atau soda kue. 

Soda kue banyak digunakan dalam berbagai produk, termasuk pasta gigi. Baking soda dalam pasta gigi, di antaranya calcium carbonate, anhydrous dicalcium phosphate, dan calcium pyrophosphate.

Penggunaan baking soda untuk gigi bermanfaat mengurangi dan menetralkan pH (derajat keasaman) plak gigi, membunuh bakteri jahat dalam mulut, serta membuat permukaan gigi lebih bersih sehingga tampak lebih putih. 

Manfaat membersihkan gigi dengan soda kue juga bisa menciptakan lingkungan alkali di dalam rongga mulut. Hal ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri maupun karies (kerusakan struktur dan lapisan gigi). 

Cara Membersihkan Gigi dengan Baking Soda

Soda kue aman digunakan untuk gigi karena memiliki sifat abrasif yang rendah. Sebuah studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif dalam menghilangkan noda kekuningan pada gigi daripada pasta gigi tanpa kandungan baking soda.

Meski begitu, karena sifatnya yang kasar, penggunaan soda kue berlebihan justru bisa berbahaya bagi lapisan enamel gigi.

Oleh karena itu, penting mengetahui cara membersihkan gigi dengan baking soda agar terhindar dari risiko kerusakan gigi, di antaranya:

  1. Pakai Baking Soda dan Air Putih

Kamu bisa membersihkan  gigi menggunakan campuran soda kue dan air putih. Caranya, dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dan 2 sendok teh air putih. 

Aduk hingga membentuk pasta dan gunakan untuk menyikat gigi. Untuk menghindari kerusakan enamel, jangan sikat gigi lebih dari satu menit, ya!

Meski begitu, kamu juga tidak boleh menyikat gigi terlalu sebentar. Soalnya, tidak sedikit orang yang menyikat gigi pakai baking soda cenderung terburu-buru karena rasanya yang kurang enak. Karena dilakukan tergesa, hasil sikat gigi malah jadi tidak optimal.  

Nah, usai sikat gigi, kamu juga harus memastikan tidak ada sisa baking soda yang tertinggal di gigi. Supaya, enamel gigi kamu tidak rusak.

Untuk mencegah kerusakan gigi, bersihkan gigi pakai campuran soda kue dan air sebanyak satu kali dalam sepekan. 

Artikel Lainnya: Cara Efektif untuk Memutihkan Gigi di Rumah

  1. Pakai Baking Soda, Garam, dan Air

Cara memutihkan gigi dengan baking soda bisa dilakukan menggunakan campuran soda kue, garam, dan air. Campurkan 1 sendok teh baking soda, 1 sendok teh garam, dan air secukupnya, lalu aduk hingga membentuk pasta.

Tambahan garam pada larutan soda kue bisa memberikan sedikit rasa ketika kamu menyikat gigi. Meski begitu, rasanya tetap kurang enak.

Menurut studi yang dimuat Journal of The American Dental Association, sensasi rasa dalam pasta gigi sangat memengaruhi proses menyikat gigi. 

Jika rasa pasta gigi tidak enak, orang cenderung malas dan buru-buru dalam menyikat gigi. Sehingga manfaat yang seharusnya bisa didapat dari menyikat gigi dan baking soda justru berkurang. 

  1. Pakai Larutan Hidrogen Peroksida dan Baking Soda

Hidrogen peroksida bisa membunuh bakteri dalam mulut. Senyawa kimia ini juga memiliki sifat pemutih alami gigi. 

Karenanya, hidrogen peroksida bisa dicampurkan bersama soda kue untuk sikat gigi. Campurkan 2 sendok teh larutan hidrogen peroksida dengan 1 sendok teh baking soda.

Aduk campuran hingga membentuk pasta, lalu oles dan sikat ke seluruh gigi. Tak lupa,  bilas mulut dengan air bersih, ya! Jangan biarkan pasta menempel pada gigi lebih dari satu menit agar tidak merusak enamel. 

Untuk mendapatkan efek warna gigi yang lebih putih, sikat gigi kamu pakai campuran ini secara rutin setiap hari selama satu pekan. 

Jangan gunakan lebih dari satu minggu, ya! Supaya, lapisan enamel gigi kamu tidak terkikis dan rusak. 

  1. Pakai Baking Soda dan Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

Baking soda juga bisa dicampurkan dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Selain membuat warna gigi lebih cerah, campuran ini juga bisa menghilangkan plak serta mencegah kerusakan gigi, seperti gigi berlubang. 

Gunakan campuran ini untuk menyikat gigi kamu. Selanjutnya, bilas kembali mulut dengan air bersih.

Sikat gigi menggunakan tambahan soda kue ini sebaiknya dilakukan hanya sekali dalam seminggu. Tujuannya adalah untuk menghindari kerusakan lapisan enamel.

Kamu juga tidak perlu menyikat gigi dengan tekanan yang terlalu keras, ya! 

Artikel Lainnya: Ini Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami di Rumah

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Baking Soda untuk Gigi

Apakah kamu berencana memutihkan gigi dengan soda kue? Jika ya, sebelum melakukannya, kamu perlu mewaspadai kemungkinan efek samping dari penggunaan baking soda

Menggunakan soda kue untuk memutihkan gigi secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada enamel yang melapisi gigi kamu. Lama-kelamaan, kondisi ini dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Harap diingat, ketika membersihkan gigi pakai soda kue, jangan menyikat bagian gusi karena dapat menyebabkan iritasi dan perdarahan. 

Konsultasikan pula dengan dokter gigi terlebih dahulu sebelum melakukan metode ini, terutama jika kamu memiliki penyakit gusi atau periodontal.

Selain itu, bagi kamu yang sedang melakukan perawatan ortodontik atau menggunakan behel maupun kawat gigi, sebaiknya hindari menyikat gigi dengan baking soda. Hal ini ini dapat memengaruhi proses perawatan ortodontik. Jika ingin memutihkan gigi maka sebaiknya tunggu sampai setelah selesai perawatan dan gunakan bleaching gigi.

Memutihkan gigi dengan baking soda memang aman dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, jika kamu bertujuan menghilangkan noda yang lebih dalam, penggunaan baking soda untuk gigi tidaklah seefektif itu. 

Ada baiknya, kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi guna mengetahui tindakan yang efektif untuk memutihkan gigi kamu. 

Yuk, #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui informasi seputar kesehatan gigi lainnya. Kamu juga bisa berkonsultasi langsung melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter mengenai topik kesehatan secara umum.

(ADT/JKT)

memutihkan gigiGigi dan Mulut

Konsultasi Dokter Terkait