Sukses

Lima Bagian Tubuh yang Harus Dilindungi dari Sinar UV

Sinar UV berpotensi merusak sel-sel kulit Anda. Selain wajah, apa saja bagian tubuh lainnya yang perlu Anda lindungi?

Klikdokter.com, Jakarta Tinggal di negeri tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun sungguh menyenangkan, bukan? Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di luar ruangan. Meski demikian, berhati-hatilah karena di balik kesenangan ini ada bahaya sinar UV (ultraviolet) yang mengintai.

Tingginya intensitas sinar matahari menyebabkan paparan terhadap radiasi UV juga meningkat. Ingat, terlalu banyak terekspos UV dapat membahayakan kesehatan kulit. Kerusakan yang mungkin ditimbulkan antara lain sunburn, penuaan dini, serta risiko terkena kanker kulit.

Untuk mengurangi dampak buruk tersebut, mulailah rajin memakai SPF lotion. Namun, itu saja tidak cukup. Menghindari paparan sinar matahari antara pukul sepuluh pagi hingga pukul dua siang juga penting. Sebisa mungkin, lindungi juga area tubuh yang terbuka dengan topi, payung, kacamata, dan sarana lainnya.

Area tubuh mana sajakah yang perlu dilindungi?

  1. Wajah

    Bagi Anda yang sangat memperhatikan penampilan, biasanya wajah menjadi area yang pertama kali dilindungi saat terkena sinar matahari. Sementara itu, bagi Anda yang cenderung cuek, ada baiknya mulai memperhatikan efek buruk sinar UV bagi kulit wajah. Dengan demikian, kesehatan dan kecantikan kulit wajah akan tetap terjaga.

  2. Kulit kepala

    Kulit kepala hampir selalu terkena radiasi sinar UV bila tidak dilindungi. Karena itu, area ini perlu menjadi perhatian, terutama bagi Anda yang berambut tipis atau bahkan cenderung botak.

  3. Telinga

    Posisi telinga yang agak menonjol keluar juga menyebabkannya mudah terpapar sinar UV. Karena itu, jangan pernah lupa untuk mengoleskan SPF lotion pada telinga. Bila perlu, pakailah topi lebar agar telinga bebas dari paparan sinar UV.

  4. Tengkuk

    Tengkuk menjadi area belakang tubuh yang terbuka dan mudah terpapar sinar UV. Terutama bagi pria (rambut cenderung pendek) atau wanita yang sering mengikat rambutnya ke atas.

  5. Punggung tangan dan kaki

    Tangan dan kaki merupakan area tubuh yang aktif dalam membantu Anda melakukan kegiatan sehari-hari, dan hampir selalu dalam keadaan ‘terbuka’. Banyak orang tidak terbiasa melindungi kedua area tersebut dengan sarung tangan atau kaus kaki (kecuali saat bekerja).

Sudah tahu, kan, mana area-area yang rentan terpapar sinar UV? Lalu, apa yang bisa Anda lakukan? Tentunya more sunscreen!

Ya, jangan lupa untuk mengoleskan ulang Vaseline Healthy Sunblock SPF 30 setiap 2-4 jam sekali saat berada di luar ruangan. SPF 30 dan Broad Spectrum PA++ di dalamnya dapat melindungi kulit dari sinar UV secara optimal.

Nutrisi Yoghurt Protein dan Aloe Vera Extract yang dimilikinya juga dapat membuat kulit tetap lembut dan segar.

Agar maksimal, tambahkan perlindungan lainnya untuk menghalangi sinar UV, seperti topi, kacamata, payung, dan sebagainya. Keep safe and have fun in the sun!

[RS/MFW]

0 Komentar

Belum ada komentar