Sukses

Efektifkah Kosmetik dengan SPF untuk Menangkal Sinar UV?

Banyak produk foundation dan bedak yang mengandung SPF. Namun, apakah cukup makeup dengan SPF untuk perlindungan sehari-hari?

Klikdokter.com, Jakarta Seiring dengan meningkatnya kesadaran wanita akan bahaya sinar matahari, banyak produk makeup sudah ditambahkan dengan SPF. Namun, apakah SPF yang terkandung di dalam makeup cukup untuk menangkal sinar ultraviolet (UV)?

Tabir surya atau SPF lotion penting untuk melindungi kulit dari sinar UV. Jika digunakan secara teratur, maka dapat mencegah atau mengurangi kerusakan kulit akibat efek sinar matahari.

Anda dianjurkan untuk memakai SPF lotion setelah melakukan rangkaian perawatan dasar kulit sehari-hari: membersihkan, menyegarkan, dan melembapkan (SPF lotion sendiri dapat menjadi pilihan yang baik untuk melembapkan). Setelah itu, barulah Anda menggunakan makeup.

Hal yang menjadi masalah adalah: untuk dapat memberikan proteksi sesuai dengan yang diharapkan, penggunaan SPF lotion harus cukup tebal (biasanya cukup mengganggu secara kosmetik). Sementara itu, penggunaan makeup dengan SPF yang bisa diterima secara kosmetik tidak memberikan cakupan perlindungan yang sesuai.

Menurut Leslie Baumann, M.D., ahli dermatologi atau penyakit kulit dari Amerika Serikat, “Anda memerlukan foundation tujuh kali dan bedak empat belas kali lebih banyak dari biasanya untuk mendapatkan SPF yang tertulis pada label. Dan tidak ada orang yang melakukan ini.”

Namun, bukan berarti makeup dengan SPF tidak dianjurkan. Justru sebaliknya, penggunaannya akan sangat memberikan perlindungan lebih, asalkan dibarengi dengan SPF lotion.

Pada dasarnya, SPF yang terkandung di dalam produk makeup sehari-hari tidak dapat menyamai perlindungan yang diberikan oleh SPF lotion. Apalagi, aplikasi ulang sangat penting, baik ketika Anda beraktivitas di luar ruangan maupun dalam ruangan (karena sinar UVA dapat menembus kaca).

Supaya aman, gunakanlah makeup dengan SPF bersamaan dengan SPF lotion sebagai double protection. Semoga informasi ini membantu!

[RS/MFW]

1 Komentar