HomeInfo SehatGigi MulutPenyakit-penyakit yang Berawal dari Sakit Gigi
Gigi Mulut

Penyakit-penyakit yang Berawal dari Sakit Gigi

drg. Callista Argentina, 04 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan sepelekan, sakit gigi bisa menjalar ke jantung dan bagian tubuh lain.

Penyakit-penyakit yang Berawal dari Sakit Gigi

Tak sedikit orang yang menganggap enteng sakit gigi. Padahal, kesehatan gigi dan mulut Anda sangat berkaitan dengan timbulnya berbagai penyakit di bagian tubuh lain.

Mulut manusia mengandung ratusan jenis bakteri yang merupakan mikroflora normal. Orang yang menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dapat memiliki seribu hingga seratus ribu bakteri pada permukaan setiap gigi.

Pada orang dengan kebersihan gigi dan mulut yang buruk, jumlah ini dapat meningkat hingga mencapai miliaran. Bayangkan, apa yang terjadi jika bakteri ini berkoloni? Anda bisa mengalami sakit gigi, yang kemudian dapat merembet ke bagian tubuh lain.

Jadi, apa saja yang bisa terjadi karena hal tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Gigi Berlubang Bakteri yang berkoloni di permukaan gigi yang kotor dapat menyebabkan gigi berlubang. Jika infeksi dibiarkan dapat mengakibatkan abses atau bisul berisi nanah yang tampak sebagai gusi bengkak. Pada kasus lanjut, abses gigi dapat meluas ke ruang anatomi lainnya pada wajah dan menghambat saluran napas.
  • Gingivitis & Periodontal Selain gigi berlubang, koloni bakteri juga dapat menyebabkan gingivitis atau peradangan pada gusi. Jika dibiarkan dapat menyebabkan periodontal atau penyakit yang menyerang jaringan pendukung gigi.Periodontal dapat terjadi pada setiap usia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Biasanya berawal dari banyaknya karang gigi, kemudian dapat berujung pada kegoyangan gigi secara menyeluruh.
  • Penyakit Kardiovaskular, Serebrovaskular, & Stroke Penderita periodontal memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), penyakit serebrovaskular, serta stroke.
  • Bayi Berat Lahir Rendah & Kelahiran Prematur Penelitian menyatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk pada wanita yang hamil berkaitan erat dengan bayi berat lahir rendah. Selain itu, mereka juga berisiko untuk mengalami kelahiran prematur. Hal ini dikarenakan bakteri pada mulut dapat menembus membran plasenta.
  • Diabetes Terdapat hubungan timbal balik antara periodontal dan diabetes. Penderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk mengalami periodontal. Di sisi lain, infeksi periodontal dapat meningkatkan resistensi insulin yang akan memperparah kondisi diabetes serta meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

Kunci untuk mencegah sakit gigi sangat mudah dan praktis. Sikatlah gigi dengan gerakan yang benar, terutama sebelum tidur malam. Periksakan juga gigi Anda secara berkala serta jangan lupa untuk membersihkan karang. Gigi sehat, tubuh pun ikut sehat!

[RS/ RH]

GigiSakit GigiGigi Sensitif

Konsultasi Dokter Terkait