HomeGaya hidupSehat dan Bugar5 Bahaya Makan Sebelum Tidur
Sehat dan Bugar

5 Bahaya Makan Sebelum Tidur

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 31 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sering makan sebelum tidur? Hati-hati, kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan Anda, lho!

5 Bahaya Makan Sebelum Tidur

Lapar tengah malam membuat sebagian orang memutuskan untuk makan sebelum tidur. Meski dapat memenuhi keinginan ‘cacing’ yang berteriak di perut, ternyata kegiatan ini juga memberikan efek samping berbahaya bagi tubuh.

Memang agak mengejutkan. Tetapi, fakta medis membuktikan bahwa makan sebelum tidur tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika Anda mengonsumsi makanan yang tergolong tidak sehat, tinggi kalori atau tidak bergizi.

Di antara sekian banyak efek samping makan sebelum tidur, berikut lima di antaranya:

  1. Meningkatkan berat badanSistem pembakaran tubuh menurun ketika Anda tidur dan tidak beraktivitas. Sehingga, makanan yang dikonsumsi tidak akan dibakar dan disimpan sebagai lemak. Akibatnya apalagi kalau bukan berat badan yang meningkat.
  2. Kualitas tidur tergangguMakan sebelum tidur membuat tubuh bekerja untuk membakar kalori yang masuk dari makanan. Pada akhirnya, proses ini akan menyebabkan Anda tidak bisa langsung tidur akibat perut yang begah.
  3. Penyakit lambung atau GERDArus balik asam lambung atau gastro esophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit yang sering terjadi karena kebiasaan makan dan langsung tiduran. Sebab, ketika lambung penuh dengan makanan dan posisi Anda tiduran, maka asam lambung akan mudah naik ke arah kerongkongan.
  4. Diabetes mellitusSeperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makan sebelum tidur menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh, khususnya perut. Lemak pada perut ini berbahaya, dan berhubungan dengan resistensi insulin yang menggangu metabolisme gula. Akibatnya, diabetes mellitus atau penyakit gula darah sangat sulit dihindari.
  5. Penyakit jantungPenumpukan lemak akibat makan sebelum tidur juga dapat menyumbat pembuluh darah jantung. Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, kejadian ini juga membuat Anda terancam serangan jantung.

Itulah lima bahaya makan sebelum tidur. Sungguh hal yang tidak diduga- duga sebelumnya, bukan? Mulai saat ini, yuk sayangi tubuh dengan mengatur jadwal makan malam dengan baik dan benar.

(NB/ RH)

makansebelum tidurMakan Sebelum Tidur

Konsultasi Dokter Terkait