Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiKesehatan MentalMengenali Depresi Sejak Dini, Bagaimana Caranya?
Kesehatan Mental

Mengenali Depresi Sejak Dini, Bagaimana Caranya?

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 25 Mar 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bila tak ditangani dengan cepat, depresi menimbulkan berbagai dampak yang mengancam jiwa. Bagaimana cara mengenalinya sejak dini?

Mengenali Depresi Sejak Dini, Bagaimana Caranya?

World Health Organization (WHO) melaporkan, lebih dari 300 juta individu dunia mengalami depresi. Bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, seseorang dengan depresi berat berisiko bunuh diri. Karena itu, kenali sejak dini agar bisa segera mendapat pertolongan.

Bagaimana cara mengenali gejala depresi? Depresi ditandai dengan rasa sedih, hilang minat, serta lelah yang berkepanjangan –biasanya lebih dari dua minggu.

Seseorang dengan depresi juga sulit berkonsentrasi, mengalami gangguan nafsu makan dan pola tidur, serta rasa bersalah dan rendah diri yang tidak beralasan. Selain itu juga tampak murung dan cenderung menarik diri dari kegiatan sosial yang melibatkan interaksi dengan orang lain.

Ada beberapa tingkatan depresi. Mulai dari depresi ringan, sedang, sampai berat.

Depresi ringan dapat menghambat kegiatan sehari-hari, tapi tidak sepenuhnya menghentikan aktivitas. Di sisi lain, seseorang dengan depresi berat mungkin memiliki keterbatasan yang sangat terlihat pada pekerjaan dan kehidupan sosialnya.

Bila dibiarkan, depresi berat dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Seperti melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, merasa hilang kendali, bahkan melakukan upaya bunuh diri.

Bila Anda melihat atau menemukan kerabat atau saudara yang memiliki gejala serupa dengan depresi, segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan di sekitar Anda. Hal ini penting supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bunuh diri.

(BA/ RH)

Bunuh DiriDepresiGejala Bunuh Diri

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter