Perawatan Wanita

Amankah Penggunaan Korset Pelangsing?

dr. Valda Garcia, 01 Jul 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Alih-alih memiliki pinggang ramping, penggunaan korset pelangsing ternyata memberikan efek negatif bagi kesehatan! Apa bahayanya?

Amankah Penggunaan Korset Pelangsing?

Memiliki bentuk pinggang ramping bak seorang model kadang menjadi impian banyak wanita. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya, salah satunya dengan penggunaan korset pelangsing.

Salah satu jenis korset pelangsing yang cukup naik daun adalah waist trainer. Jenis ini menyerupai bra yang memiliki banyak pengait, dan kamu bisa menyesuaikan kekencangannya sesuai keinginan.

Meski dipercaya efektif, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa tubuh dapat dibentuk dengan pakaian dalam itu. 

Bahkan, bahaya korset yang digunakan lama dan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh. Berikut beberapa bahaya penggunaan korset yang mesti kamu waspadai:

1. Iritasi Kulit

Efek samping korset ini cukup sering terjadi. Korset yang terlalu erat mengikat tubuh dalam waktu yang lama menyebabkan gesekan pada kulit sehingga menyebabkan iritasi kulit. 

Hal tersebut mungkin terkesan sepele. Namun, jika kondisinya sampai parah, infeksi kulit dapat terjadi.

Artikel lainnya: Kiat Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an

2. Refluks atau Balik Asam Lambung

Penggunaan korset juga dapat memengaruhi kesehatan lambung. Bahaya pakai korset pelangsing dalam hal ini adalah dapat menekan bagian tengah tubuh dan menekan lambung ke atas. 

Hal itu membuat asam lambung dapat balik arus menyebabkan nyeri ulu hati, penyakit lambung, dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Gangguan Pernapasan

Selanjutnya, bahaya memakai korset juga dapat mengganggu pernapasan kamu. Pasalnya, korset menekan dada dan membatasi sejauh mana dada dapat mengembang. 

Hal tersebut membuat jumlah oksigen yang terhirup dapat berkurang. Akibatnya kamu dapat mengalami kesulitan bernapas, pusing, bahkan pingsan.

4. Nyeri Otot

Penggunaan korset yang terlalu kencang dalam durasi yang cukup lama dapat menyebabkan tekanan berlebih pada otot. Hal ini bisa memicu terjadinya spasme pada otot sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Efek samping korset ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari akibat rasa nyeri yang ditimbulkannya.

Artikel lainnya: Sudah Olahraga tapi Tak Kunjung Langsing, Apa yang Salah?

5. Gangguan Tulang Belakang

Hati-hati, bahaya korset yang digunakan dalam jangka panjang juga dapat memengaruhi struktur tulang belakang. 

Kondisi ini dapat terjadi terutama jika penggunaannya kurang tepat. Penggunaan korset berpotensi menyebabkan kelengkungan tulang belakang terpengaruh.

Kalau kamu tidak ingin hal abnormal terjadi pada tulang belakang, lebih baik hindari menggunakan korset terlalu lama, ya.

6. Gangguan Organ

Selain gangguan pernapasan, bahaya penggunaan korset yang tidak tepat dan terlalu lama adalah mengganggu aliran pembuluh darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Jika hal tersebut berlangsung terus-menerus, aliran darah ke organ juga dapat terganggu dan berisiko pada gangguan organ.

Artikel lainnya: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Minum Kopi

7. Baal

Kekencangan korset dapat memengaruhi peredaran darah tubuh. Selain itu, saraf juga akan terpengaruh. Korset dapat menyebabkan kamu merasa kesemutan atau baal (mati rasa) pada kaki.

Kalau ingin memiliki pinggang ramping, sebaiknya hindari penggunaan korset pelangsing. Pola makan bergizi dan olahraga teratur bisa, kok, membantu kamu mendapatkan berat badan ideal dan bentuk pinggang yang diimpikan!

Cari tahu tips pola makan sehat dan menjaga berat badan ideal di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa langsung tanya dokter online untuk panduan lebih lanjut. Yuk, #JagaSehatmu!

(FR/JKT)

Tubuh LangsingPinggang Korset Pelangsing

Konsultasi Dokter Terkait