Sukses

Penggunaan Cat Rambut Saat Menyusui, Amankah?

Benarkah pemakaian cat rambut pada ibu menyusui dapat memengaruhi kualitas ASI?

Klikdokter.com, Jakarta Tampil menarik adalah hal alami yang diingini hampir semua wanita, termasuk mereka yang baru melahirkan dan sedang menyusui. Salah satu caranya adalah dengan mewarnai rambut. Tapi amankah cat rambut bagi wanita menyusui?

Kandungan zat kimia yang terdapat pada cat rambut dapat membahayakan ibu dan bayi jika terpapar secara langsung dan dalam dosis tinggi. Namun dalam proses pewarnaan rambut, kadar zat kimia yang masuk ke dalam rambut tidak terlalu banyak.

Bahkan zat kimia yang masuk ke dalam rambut hanya mencapai darah, sehingga kemungkinan tidak masuk ke dalam ASI. Ini terbukti lewat berbagai penelitian yang menemukan bahwa tidak ada efek samping berbahaya dari penggunaan cat rambut bagi bayi dan ibu menyusui.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh La Leche League International (Badan ASI Amerika) dan American College of Obstetricians and Gynecologists (Persatuan Dokter Obstetri dan Ginekologi Amerika). Cat rambut akan berbahaya apabila uap atau bau menyengat yang mengandung amonia terhirup oleh bayi.

Pemakaian cat rambut pada ibu menyusui memang tidak memengaruhi kualitas ASI. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah highlight. Dengan teknik ini, cat rambut hanya masuk ke dalam rambut dan bukan kulit kepala. Jadi besar kemungkinan tak terserap ke dalam tubuh.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar