Sukses

Hentikan 5 Kebiasaan Ini Jika Ingin Tidur Nyenyak

Melakukan lima hal ini sebelum tidur bisa bikin Anda sulit terlelap.

Klikdokter.com, Jakarta Sering pegal atau lesu saat bangun pagi? Coba perhatikan kebiasaan yang Anda lakukan sebelum tidur. Ternyata, beberapa kebiasaan dapat menurunkan kualitas tidur. Alhasil, Anda akan merasa lemas atau malah mengantuk saat bangun.

Agar tidur lebih berkualitas, hindarilah lima kebiasaan ini sebelum tidur:

  • Makan berat

    Makan sebelum tidur sudah pasti harus dihindari untuk tidur yang berkualitas. Selain bikin timbangan melonjak, makan berat sebelum tidur juga meningkatkan produksi asam lambung.

    Jika Anda memiliki mag dan dianjurkan untuk makan kudapan sebelum tidur, cukup sediakan kudapan kecil seperti biskuit gandum.

  • Main gawai

    Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh banyak orang, dengan kedok ‘mencari ngantuk’. Berkutat dengan gawai sebelum tidur malah dapat menurunkan kualitas tidur.

    Hal ini disebabkan oleh adanya blue light dari LED yang dipancarkan oleh gawai. Blue light akan mengurangi peroduksi melatonin dalam tubuh. Akibatnya, proses tidur akan memakan waktu yang lebih lama.

  • Membaca buku

    Membaca buku sebelum tidur ternyata juga tidak baik. Apalagi jika bacaan tersebut membutuhkan banyak konsentrasi atau membangkitkan emosi.

    Risikonya, aktivitas kognitif di otak akan meningkat sehingga otak tidak tenang saat tidur dan sulit mencapai fase REM (fase tidur lelap).

  • Tidak memadamkan lampu

    Sama seperti gawai, beberapa lampu hemat energi juga menggunakan teknologi LED yang memancarkan blue light. Tidur dalam keadaan lampu yang terang benderang dapat mempersulit proses tidur Anda.

    Jika Anda tidak suka tidur dalam keadaan gelap, gunakan lampu tidur dengan cahaya yang redup untuk memberikan sedikit penerangan.

  • Menghangatkan suhu ruangan

    Banyak orang beranggapan, udara yang hangat lebih nyaman untuk tidur. Ternyata, hal ini tidak sepenuhnya baik untuk kualitas tidur Anda. Suhu yang lebih rendah atau dingin justru membantu mengurangi insomnia dan memperbaiki kualitas tidur.

    Jadi, pertahankan suhu ruangan sekitar 19-21 0C. Atau, maksimalkan sirkulasi udara di ruangan Anda agar suhu udara menjadi lebih sejuk.

Tidur yang berkualitas berarti tubuh yang lebih segar dan bersemangat di pagi hari. Mulailah ubah kebiasaan buruk tersebut, agar Anda merasa fit saat beraktivitas. Selamat mencoba!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar