Sukses

6 Area Paling Berkuman di Pusat Kebugaran

Tahukah Anda bahwa area yang ada di pusat kebugaran berikut ini bisa membuat Anda terinfeksi suatu penyakit?

Klikdokter.com, Jakarta Sejak dahulu, pusat kebugaran dikenal sebagai tempat untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Namun jangan salah, ternyata tempat ini bisa jadi tempat berkumpulnya kuman sumber penyakit.

Salah satu alasan mengapa pusat kebugaran bisa jadi sumber penyakit adalah karena tempat ini dikunjungi oleh banyak orang. Ditambah, banyaknya keringat yang menetes dan bercampur dengan debu maupun kotoran yang ada di sekitarnya.

Bahkan, penelitian oleh University of California Irvine menyebutkan bahwa bakteri masih dapat bertahan meski area/ alat di pusat kebugaran rutin dibersihkan. Tapi mana saja area yang paling ‘berbahaya’?

Berikut beberapa area di pusat kebugaran yang perlu Anda waspadai:

  1. Kamar ganti

    Kamar ganti merupakan area di pusat kebugaran yang paling lembap. Di area ini terdapat tempat untuk mandi dan kerap terpapar pakaian berkeringat.

    Itulah sebabnya bakteri streptococcus dan staphylococcus –penyebab infeksi saluran napas dan kulit– sangat mudah berkembang biak di area ini. Bahayanya, bakteri ini bisa langsung masuk melalui kulit Anda.

    Jadi harus bagaimana? Anda disarankan untuk tidak telanjang kaki atau duduk tanpa busana di area kamar ganti.

  2. Alat pancur

    Alat pancur di kamar mandi sangat rentan terhadap jamur dan kuman penyebab penyakit. Kemungkinan penyakit yang dapat ditularkan di area ini adalah infeksi jamur, dan infeksi virus HPV (Human Papillomavirus) –yang menyebabkan kutil di area kemaluan.

  3. Treadmill dan sepeda statis

    Treadmill dan sepeda statis merupakan alat olahraga yang sering berkontak dengan tangan, dan tempat di mana keringat mudah bercucuran. Karena itu kuman dan bakteri sangat mudah tumbuh di daerah ini.

    Menurut jurnal Sport of Medicine, sebanyak 60% alat treadmill dan sepeda statis yang sudah dibersihkan masih menyimpan bakteri rhinovirus. Ini adalah virus penyebab infeksi saluran napas.

  4. Ruang senam aerobik

    Semakin banyak orang yang berada di dalam ruangan ini, maka penularan bakteri melalui udara akan semakin besar.

  5. Kolam renang

    Kolam renang di pusat kebugaran perlu Anda waspadai. Karena, tempat ini berisiko tinggi mengandung bakteri cryptosporidium, yang dapat menyebabkan infeksi di saluran cerna.

  6. Alat angkat beban

    Kuman dan bakteri banyak menetap di gagang dan tempat duduk alat ini. Pasalnya, alat angkat beban merupakan tempat yang bersentuhan langsung dengan tangan pengguna pusat kebugaran lainnya.

Meski demikian, bukan berarti Anda harus bearhenti berolahraga di pusat kebugaran. Agar terhindar dari bahaya di atas, biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah berolahraga, rutin mengganti pakaian, serta tidak lupa memakai alas kaki saat berada di ruang ganti.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar