Sukses

Pola Hidup Sehat Cegah Penyakit Jantung

Tahukah Anda, pola hidup sehat sejak kecil dapat mencegah risiko penyakit jantung.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia. Ada banyak anggapan bahwa ini adalah penyakit orang dewasa. Namun seiring berjalannya waktu, penyakit ini sudah dimulai sejak dini.

Ada studi yang menyebutkan bahwa proses aterosklerosis berasal sedari masa kanak- kanak. Di usia remaja hingga dewasa terdapat hubungan antara intensitas dari paparan terhadap faktor risiko yang menyebabkan penyakit ini berkembang.

Aterosklerosis merupakan terbentuknya plak di pembuluh darah. Plak ini merupakan hasil timbunan lemak yang beredar bersama aliran darah. Lama-kelamaan, plak dapat menyumbat pembuluh darah secara perlahan maupun tiba-tiba. Inilah yang menyebabkan kematian mendadak pada penderita jantung.

Ada faktor risiko penyakit jantung yang dapat dicegah sejak dini. Beberapa di antaranya adalah obesitas, kadar kolesterol dalam darah yang tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit gula darah, merokok atau terkena paparan rokok.

Faktor genetik memang disebut- sebut meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, pola hidup sehat dengan menjaga asupan kalori serta mengurangi asupan lemak jenuh sejak kecil dapat mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Terlalu banyak asupan lemak jenuh akan membuat bertambahnya berat badan, bahkan berisiko mengalami obesitas. Tak hanya itu, tapi juga penyakit metabolik lainnya seperti diabetes mellitus, hipertensi, hiperkolesterolemia.

Selain pola makan, aktivitas fisik anak juga harus dijaga. Aktivitas fisik yang aktif bagi anak sangat baik seperti bermain di luar ruangan dan olahraga. Aktivitas ini baik dilakukan sesering mungkin selama 60 menit per hari.

Menerapkan pola hidup sehat sejak dini dapat mencegah risiko penyakit jantung. Sayangi buah hati Anda dari sekarang!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar