Sukses

Seberapa Penting Asupan Karbohidrat untuk Anak Anda?

Menghilangkan asupan karbohidrat pada menu harian dapat membahayakan bagi kesehatan anak Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Asupan karbohidrat berfungsi menjaga setiap bagian tubuh agar dapat bertahan hidup, termasuk pada anak.

Karbohidrat terbagi atas 2 jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana terdiri atas molekul gula tunggal atau ganda yang biasanya ditemukan pada gula pasir, sirup, permen, madu, dan nasi putih. Karbohidrat ini rendah serat dan memiliki kadar glikemik yang tinggi.

Sedangkan karbohidrat kompleks dikatakan sebagai karbohidrat baik karena diserap secara perlahan oleh tubuh sehingga membuat kadar gula darah tubuh stabil. Karbohidrat ini banyak mengandung serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah dibandingkan karbohidrat sederhana.

Karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada produk gandum seperti roti, crackers, dan pasta. Selain itu juga terdapat pada kentang, labu, jagung, oatmeal, kacang, sayuran hijau, dan nasi merah.

Karbohidrat penting untuk anak

Karbohidrat merupakan sumber energi terbesar bagi anak- anak. Mereka membutuhkan asupan karbohidrat sebesar 50-60% dari total kalori harian.

Saat ini, karbohidrat menjadi penyebab obesitas pada anak di dunia. Namun kenyaataannya, tidak semua makanan yang mengandung karbohidrat buruk untuk tubuh. Tapi tentu saja dengan catatan, anak Anda mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Berikut ini pentingnya karbohidrat bagi anak:

  1. Menyediakan energi

    Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi gula yang lebih kecil seperti glukosa, fruktosa atau sukrosa. Komponen inilah yang akan menjadi energi.

    Salah satu bagian tubuh yang yang paling banyak membutuhkan energi adalah otak. Karena itu, anak yang masih dalam masa perkembangan otak sangat membutuhkannya.

  2. Memperbaiki fungsi pencernaan

    Karbohidrat menyediakan bahan bakar bagi bakteri baik di dalam tubuh yang membantu produksi vitamin B kompleks. Bakteri baik hidup dari karbohidrat yang berada di saluran pencernaan. Karbohidrat juga membantu penyerapan kalsium.

  3. Mencegah kerusakan protein tubuh

    Ketika tubuh tidak memeroleh karbohidrat yang cukup, maka tubuh akan menggunakan protein untuk dijadikan sumber energi. Padahal kita tahu bahwa protein merupakan penyusun sel-sel tubuh serta memproduksi enzim tubuh.

  4. Pembentukan sel-sel tubuh

    Karbohidrat merupakan komponen penting sel-sel dalam tubuh seperti mitokondria, membran sel, dan lainnya. Sehingga tanpanya sel-sel tidak dapat berfungsi secara optimal.

Ingatlah, jangan pernah hilangkan asupan karbohidrat pada menu harian anak karena dapat membahayakan kesehatannya. Semoga bermanfaat!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar