Sukses

8 Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Memiliki anak yang cerdas dan berkompeten tentu merupakan dambaan setiap orangtua. Apa saja faktor yang memengaruhi semua itu? Simak disini

Klikdokter.com, Jakarta Kecerdasan anak dipengaruhi faktor genetika. Akan tetapi, aktivitas fisik serta sumber makanan yang mengandung nutrisi dan gizi, ikut berperan aktif dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Berikut ini 8 sumber makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak:

  1. Ikan Salmon

    Ikan merupakan sumber terbaik untuk kandungan asam lemak Omega 3, EPA dan DHA yang penting dalam pertumbuhan serta perkembangan anak. Di antara berbagai jenis ikan, ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 tertinggi.

    Berdasarkan hasil studi di Goteborg University, Swedia, anak yang mengonsumsi ikan secara teratur akan memiliki perkembangan otak yang lebih baik.

  2. Telur

    Telur merupakan sumber protein yang paling murah dan mudah ditemukan. Kuning telur memiliki kandungan kolin yang berguna dalam membantu perkembangan otak anak.

    Berdasarkan penelitian di Boston University, anak yang rajin mengonsumsi makanan yang mengandung kolin terbukti memiliki kemampuan memori yang lebih baik. Selain itu, kolin juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit demensia (pikun).

  3. Selai Kacang

    Kacang tanah dan selai kacang adalah sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi membran sel saraf. Kandungan thiamin dalam selai kacang juga membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk membentuk energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

  4. Susu dan Yogurt

    Susu sangat kaya akan manfaat. Dalam susu terdapat sumber protein, kalsium, vitamin D, vitamin B, dan kalium. Protein dan vitamin B penting dalam pertumbuhan jaringan otak dan enzim dalam tubuh.

    Bagaimana dengan vitamin D? Penelitian menemukan bahwa anak-anak membutuhkan lebih banyak vitamin D –bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan

  5. Buah Berry

    Kelompok buah berry mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Apalagi kandungan vitamin C mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

    Keluarga buah yang satu ini dapat membantu perkembangan otak anak dan juga meningkatkan daya ingat. Buah bluberi dapat meningkatkan fungsi BDNF (Brain Derived Neurotrophic Factor). Ini merupakan sinyal kunci yang merangsang produksi sel otak baru, yang juga menghasilkan efek anti penuaan pada kulit.

  6. Oatmeal

    Oat merupakan salah satu dari sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oatmeal kaya akan nutrisi penting bagi otak, yang menyediakan energi untuk otak.

    Kandungan serat dalam oatmeal mampu menjaga kesehatan dan kecerdasan otak anak. Kandungan Vitamin E, Vitamin B, zinc, dan kalium di dalam oatmeal membantu agar fungsi otak menjadi mampu maksimal dalam bekerja.

  7. Kacang– kacangan

    Kacang adalah camilan istimewa. Makanan yang diolah dari kacang- kacangan memiliki energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks.

    Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serat, vitamin dan juga mineral, yang sangat baik untuk otak anak.

  8. Sayuran Berwarna

    Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, dan bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak sehat.

Berikut kandungan dari beberapa sayuran berwarna:

  • Bayam mengandung Folat, Vitamin E, dan Vitamin K
  • Ubi Jalar kaya akan karbohidrat, Vitamin B6, dan antioksidan
  • Wortel merupakan Sumber Vitamin A, Vitamin B, VitaminC, dan beta karoten
  • Tomat memiliki kandungan Licopene
  • Brokoli kaya akan Vitamin K
  • Kubis Merah mengandung antioksidan tinggi yang biasa di sebut polifenol

Nah, setelah membaca artikel ini sekarang Anda tentu sudah tahu makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Lantas, tunggu apalagi? Ingat, ,embangun kecerdasan anak sepenuhnya adalah kewajiban Anda!

0 Komentar

Belum ada komentar