Sukses

3 Cara Ampuh Cegah Ngantuk Setelah Makan

Sering merasa ngantuk setelah makan? Jangan khawatir, ada cara mudah untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Makan seharusnya memberikan tenaga dan energi baru bagi tubuh. Akan tetapi, tidak sedikit yang justru merasa ngantuk setelah makan. Anda salah satunya?

Tidak dimungkiri, jenis makanan tertentu memang dapat memicu datangnya kantuk usai makan. Beberapa di antaranya adalah makanan tinggi karbohidrat, lemak, dan kaya gula.

Pasalnya, jenis makanan ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara drastis di dalam tubuh. Kemudian, tubuh meresponsnya dengan melepaskan hormon insulin yang merupakan hormon pengubah makanan menjadi energi.

Di saat yang sama, otak juga mengeluarkan serotonin dan melatonin. Hormon ini membuat tubuh menjadi relaks dan cenderung lebih mengantuk.

Selain karena proses di atas, saluran cerna ternyata juga turut berkontribusi dalam menimbulkan rasa ngantuk setelah makan. Sebab, saat makanan mencapai usus, tubuh meresponsnya dengan mengaktifkan susunan saraf yang bekerja pada saluran cerna.

Pada akhirnya, terjadilah penurunan aliran darah ke otak. Akibatnya terjadi penurunan konsentrasi berpikir dan menimbulkan rasa ngantuk setelah makan.

1 dari 2 halaman

Penasaran? Berikut Caranya

Nah, untuk mencegah rasa ngantuk setelah makan, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Perhatikan komposisi makanan

    Ingat, makanan tinggi karbohidrat, lemak, dan kaya gula dapat mencetuskan rasa ngantuk setelah makan. Karena itu, sebisa mungkin batasi jenis makanan ini dan perbanyak komposisi makanan yang mengandung serat –seperti sayur, roti gandum dan buah-buahan.

  2. Jangan lewatkan waktu sarapan

    Faktanya, tidak sarapan menyebabkan rasa lapar yang menumpuk dan berakibat pada makan siang yang tidak terkontrol, baik jenis makanannya maupun porsinya. Jadi, jangan sampai lupa sarapan sebelum mulai beraktivitas, ya!

  3. Olahraga ringan pada jam makan

    Olahraga dapat membantu memperbaiki aliran darah, serta meningkatkan pasokan oksigen dan energi ke sel-sel di dalam tubuh. Tidak perlu olahraga berat, Anda cukup beranjak dari meja kerja dan berjalan keliling kantor, atau ke luar ruangan untuk meninghirup udara segar.

Ingat, rasa ngantuk setelah makan dapat sangat memengaruhi produktivitas kerja Anda pada jam-jam berikutnya. Maka dari itu, pastikan Anda melakukan cara di atas, agar sisa waktu bekerja Anda tidak terganggu oleh rasa ngantuk.

(NB/ RH)

1 Komentar