Sukses

Inilah 4 Cara Bercukur yang Salah

Salah satu cara pria untuk menjaga penampilannya adalah dengan mencukur janggut. Namun terkadang pria melakukan kesalahan saat bercukur.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu cara pria untuk menjaga penampilannya adalah dengan mencukur janggut. Namun sayangnya masih banyak pria yang melakukan kesalahan saat mencukur janggut. Beberapa kesalahan tersebut:

  1. Membilas wajah dengan air dingin

    Apakah Anda membilas wajah dengan air dingin terlebih dahulu sebelum mencukur? Jika ya, ubahlah kebiasaan itu. Anda bisa meniru proses mencukur di barber shop dengan menempelkan handuk hangat ke wajah. Jika malas, Anda dapat mencuci wajah dengan air hangat. Tujuannya adalah untuk membuka pori- pori dan melembutkan rambut.

  2. Tidak menggunakan krim pencukur

    Krim pencukur atau shaving cream sering kali disepelekan. Padahal, lapisan kulit bagian atas bisa aja terkelupas. Karena itu, krim pencukur penting untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit agar tidak timbul iritasi.

  3. Mencukur berlawanan arah

    Sebaiknya Anda mencukur janggut sesuai dengan arah tumbuhnya rambut. Hal ini untuk menghindari iritasi, kemerahan, dan rambut tumbuh ke dalam. Selain itu, hindari pula terlalu menekan alat cukur ke permukaan kulit.

  4. Menggunakan satu pisau berulang kali

    Anda memang tidak perlu mengganti pisau setiap kali mencukur. Namun menggunakan pisau cukur berulang kali, dalam waktu lama juga tidak tepat. Hal ini akan menumpulkan mata pisau dan rentan berkarat. Jika dibiarkan, tentu dapat terjadi infeksi. Sebaiknya ganti pisau cukur setiap 3- 5 kali pencukuran.

Mencukur janggut adalah ritual yang tidak boleh dilewatkan pria. Karena itu, penting untuk menghidari beberapa kesalahan di atas supaya kulit tetap sehat dan bersih, penampilan pun lebih rapi.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar