Sukses

Harus Berapa Jauh Meletakkan Ponsel Dari Tempat Tidur?

Ponsel tidak boleh diletakkan di dekat tempat tidur. Alasannya? Karena dapat membahayakan diri Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Menjelang tidur, banyak orang terbiasa meletakkan ponsel di dekat tempat tidur. Masalahnya, hal ini dapat membahayakan diri Anda.

Ponsel yang aktif akan mengeluarkan sinar biru. Pada malam hari, sinar tersebut akan menyebabkan pengeluaran hormon melatonin terganggu.

Padahal, tubuh seharusnya mengeluarkan hormon melatonin di malam hari. Hormon tersebut berfungsi menimbulkan rasa kantuk, merelaksasi otot-otot, dan meremajakan sel-sel dalam tubuh.

Bila seseorang aktif menggunakan ponsel sampai larut malam, dampak jangka pendek yang ditimbulkannya antara lain insomnia dan tidur menjadi tidak nyenyak. Sedangkan dampak jangka panjangnya, risikonya adalah obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Kebiasaan mengisi baterai ponsel dan meletakkannya di tempat tidur juga dapat mengancam keselamatan Anda. Di Irlandia, tahun 2016, sebuah rumah terbakar. Penyebabnya adalah gangguan aliran listrik yang muncul saat pemilik rumah mengisi baterai ponsel di atas tempat tidur.

Beberapa kejadian serupa juga terjadi di beberapa negara di Eropa. Sejak saat itu, muncul himbauan di berbagai tempat untuk tidak mengisi baterai ponsel di atas benda yang mudah terbakar.

Agar terhindar dari kebakaran, sebaiknya letakkan ponsel, yang baterainya sedang diisi, di atas meja atau tempat yang tidak mudah terbakar. Selain itu, singkirkan ponsel dari kamar tidur bila ingin memiliki kualitas tidur yang baik.

(BA/ RH)

1 Komentar