Sukses

Hindari Kanker Kandung Kemih dengan Cara Ini

Penyakit kanker kandung kemih ternyata tak cukup diatasi dengan banyak minum air putih. Ada hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit kanker kandung kemih ialah adanya pertumbuhan sel abnormal yang bermula dari sel-sel di kandung kemih. Gejala yang paling umum dikeluhkan ialah adanya darah pada urine yang dapat diikuti dengan keluhan lain –seperti sering buang air kecil (BAK), nyeri berkemih, dan nyeri punggung.

Infeksi kandung kemih kerap terjadi pada wanita. Hal ini disebabkan saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh (uretra) wanita lebih pendek dan mulut uretra wanita terletak sangat dekat dengan anus.

Berdasarkan Data GLOBOCAN, International Agency for Research on Cancer (IARC), pada tahun 2012 terdapat 5,3% kasus baru kanker kandung kemih. Data tersebut juga mencatat angka 1,9% kematian akibat kanker kandung kemih di seluruh dunia.

Penyakit kanker secara keseluruhan merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Kanker disebabkan oleh banyak faktor seperti genetik, gaya hidup dan pengaruh lingkungan.

Berikut beberapa faktor risiko yang dapat mencegah Anda terhindar dari kanker kandung kemih:

  1. Berhenti Merokok

    Merokok merupakan salah satu penyebab utama berbagai macam kanker, tak terkecuali kanker kandung kemih. Perokok memiliki risiko hingga enam kali lebih besar terkena kanker kandung kemih dibandingkan orang yang tidak pernah merokok.

  2. Hindari Ekspos Berlebih Terhadap Bahan Kimia Industri

    Orang yang bekerja dengan cairan metal –seperti pekerja metal atau operator mesin, juga berisiko tinggi mengalami kanker kandung kemih. Selain itu pekerja yang berhubungan dengan pewarna, karet, tekstil dan kukit juga berisiko lebih tinggi.

    Hal ini berhubungan dengan durasi ekspos setiap harinya. Sebaiknya hindari ekspos terhadap hidrokarbon poliakromatik dan arylamin karena berhubungan sangat erat dengan kanker kandung kemih. Jadi, pastikan Anda menggunakan alat pelindung diri yang lengkap saat bekerja di tempat yang mengandung senyawa kimia tersebut.

  3. Hindari Ekspos Terhadap Arsen

    Arsen menungkatkan risiko terkena kanker kandung kemih. Cek air minum yang Anda konsumsi karena seringkali arsen terdapat pada air minum. Minum air kemasan/ botol bila tidak yakin air yang Anda konsumsi bersih dari arsen.

  4. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

    Banyak sayur dan buah yang mengandung antioksidan seoerti karotenoid dan vitamin C, selain itu juga mengandung mineral, fenol, dan flavonoid yang dapat melawan radikal bebas. Sayuran cruciferous seperti brokoli, kol, kale mengandung glukosinolat yang pada saat proses memasak berubah menjadi isothiocyanates yang dapat melindungi dari kanker kandung kemih.

  5. Banyak Minum Air

    Minum air minimal 2 liter per hari. Air dapat membantu mengeluarkan senyawa kimia penyebab kanker. Selain itu, bila tubuh kekurangan cairan kemungkinan terkena infeksi saluran kemih (ISK) menjadi lebih besar, ISK kronis merupakan salah satu faktor risiko kanker kandung kemih.

Nah, ternyata dengan berhenti merokok serta menerapkan pola hidup sehat Anda dapat terhindar dari risiko kanker kandung kemih. Ingat mencegah lebih mudah daripada mengobati!

(DA/ RH)

1 Komentar