Sukses

Sauna Usai Olahraga Efektif Turunkan Berat Badan?

Sauna yang dilakukan usai olahraga sangat efektif untuk turunkan berat badan. Apa iya? Temukan fakta medisnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak wanita yang senang melakukan sauna, karena membuat tubuh lebih relaks. Ada pula yang melakukannya usai olahraga dengan tujuan menurunkan berat badan. Efektifkah?

Sauna merupakan ruangan yang dipanaskan dengan suhu 60- 90°C. Ruangan ini umumnya ditemukan di pusat kebugaran atau spa. Biasanya, waktu yang diperbolehkan untuk berdiam di dalam sauna adalah 15- 30 menit.

Terkait manfaatnya untuk turunkan berat badan, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hal tersebut. Bisa jadi, penurunan tersebut semata-mata karena kehilangan cairan akibat terpapar suhu panas sauna.

Biasanya, berat badan akan kembali seperti sebelumnya setelah Anda minum. Hal ini dikarenakan cairan tubuh kembali seperti semula.

Memang, sauna dapat membakar kalori. Namun, jumlah kalori yang dibakar hanya sedikit lebih banyak daripada jumlah kalori yang dibutuhkan untuk duduk diam tanpa melakukan kegiatan apa pun di dalam ruangan sauna.

Meski demikian, ternyata sauna bermanfaat dalam mengurangi stres karena membuat tubuh Anda lebih relaks. Tapi, untuk mendapatkan manfaat ini, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Minum air putih sebelum, saat, dan sesudah sauna agar tidak dehidrasi.
  • Tidak melakukan sauna lebih dari 30 menit.
  • Jika Anda punya penyakit aritmia atau gangguan irama jantung, hindari melakukan sauna. Karena ini dapat meningkatkan irama jantung Anda.
  • Jika Anda sedang hamil, punya penyakit hipertensi yang tidak terkontrol, atau tekanan darah rendah, sebaiknya hindari sauna sama sekali.

Jadi, sekali lagi, sauna tidak terbukti efektif untuk menurunkan berat badan meski dilakukan usai olahraga. Namun, jika Anda melakukannya untuk membuat tubuh lebih relaks, tidak ada salahnya untuk mencoba.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar