Sukses

Anak Demam Haruskah Diberi Obat Penurun Panas?

Saat anak Anda sedang demam, bolehkan langsung diberi obat penurun panas? Baca di sini aturannya.

Klikdokter.com, Jakarta Demam merupakan respons normal tubuh untuk melawan kuman. Tapi saat anak demam, orangtua biasanya langsung merasa cemas. Obat penurun panas pun menjadi solusi cepat yang diberikan agar anak merasa nyaman dan sehat kembali.

Demam Bukanlah Penyakit

Banyak ahli mengatakan bahwa demam merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan infeksi kuman. Demam diperlukan agar sel- sel tubuh yang berfungsi melawan kuman penyebab penyakit bekerja secara optimal.

Karena itu, demam sebenarnya tidak termasuk penyakit. Namun lebih tepat bila dikatakan sebagai gejala dari suatu penyakit. Lalu, berapa suhu tubuh yang termasuk dalam kategori demam?

Suhu normal tubuh berada di kisaran 36,5- 37,4oC. Anak dan balita dianggap demam apabila pengukuran suhu pada ketiak >37,2oC, pada mulut >37,8oC, dan pada rektum/ telinga/ dahi >38oC.

Pengukuran suhu melalui ketiak, telinga, dan dahi tentunya lebih mudah dilakukan daripada melalui anus dan mulut. Meski demikian, hasilnya kurang akurat.

Demam dan Anak- anak

Demam biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Pada anak- anak, hal ini dapat terlihat terutama dari perubahan perilaku dan nafsu makan yang menurun.

Perubahan perilaku terlihat dari kecenderungan anak untuk lebih banyak diam dan malas bergerak. Anak juga terilhat lemas dan lesu. Sedangkan nafsu makan anak berkurang karena demam memicu pengeluaran zat- zat kimia yang menimbulkan rasa mual.

Keluhan- keluhan tersebut, akan mulai berkurang apabila demam diturunkan dengan obat penurun panas (antipiretik) seperti parasetamol (asetaminofen). Tapi ingat, obat ini hanya bekerja untuk menurunkan suhu tubuh. Bukan mengatasi penyakit utamanya.

Namun tidak semua peningkatan suhu tubuh harus langsung diberi obat. Pada anak, obat penurun panas sebaiknya diberikan saat suhu tubuh >38oC bila diukur dari ketiak.

Apabila suhu tubuh ≤38oC, sebaiknya kompres dengan air hangat serta perbanyak mengonsumsi air putih. Pada kasus ini, obat penurun panas dapat menyamarkan gejala dan mempersulit ditentukannya penyebab demam.

Ingat, demam merupakan respons tubuh terhadap sesuatu yang tidak normal. Anak yang sedang demam pada dasarnya tidak harus langsung diberikan obat penurun panas.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar