Sukses

7 Manfaat Madu Bagi Wanita Hamil

Tahukah Anda, madu ternyata memiliki segudang manfaat bagi wanita hamil.

Klikdokter.com, Jakarta “Dok, boleh tidak minum madu saat hamil?” Itulah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan pada tim redaksi medis Klikdokter.
Tidak seperti pada anak- anak di bawah usia 1 tahun, konsumsi madu justru baik bagi wanita hamil. Para ahli yakin bahwa madu dapat membantu mengatasi keluhan- keluhan saat hamil.

Berikut ini keluhan- keluhan pada wanita hamil yang dapat diatasi dengan madu:

  1. Meredakan batuk secara alami

    Obat-obatan yang dapat dikonsumsi saat hamil sangat terbatas. Madu adalah salah satu obat alami yang bisa tetap Anda konsumsi. Mengapa demikian?
    Di dalam madu terdapat komponen antiperadangan dan antibakteri. Jika dikombinasi dengan bahan alami seperti jahe atau jeruk nipis, khasiatnya semakin baik.

    Untuk mengurangi batuk, Anda cukup mencampurkan satu sendok makan madu ke dalam satu cangkir susu panas. Bisa juga dengan mencampurkan tumbukan bawang putih ke dalam madu.

    Simpan di dalam toples setidaknya selama 24 jam, hingga tercampur dengan baik. Cukup konsumsi satu sendok makan campuran ini akan meredakan batuk.

  2. Meredakan hidung tersumbat

    Madu dapat mengurangi hidung tersumbat, yang dapat sangat mengganggu saat hamil. Campurkan satu sendok makan madu dan tetesan jeruk nipis ke dalam air hangat atau kaldu untuk meredakan keluhan ini.

  3. Mengurangi nyeri tenggorokan

    Madu juga diketahui memiliki komponen antinyeri sehingga dapat mengurangi nyeri tenggorokan. Campurkan satu sendok makan madu dan beberapa tetes jeruk nipis ke dalam air hangat. Gunakan larutan ini sebagai obat kumur atau minuman untuk mengurangi nyeri tenggorokan.

  4. Mengurangi keluhan mual (morning sickness)

    Mual- mual umum dirasakan pada trimester pertama kehamilan akibat perubahan hormonal. Campuran madu dengan air jeruk nipis atau cuka apel akan mengurangi rasa mual.

  5. Mengobati iritasi lambung

    Pencernaan yang melambat akibat perubahan hormonal dan pembesaran rahim yang menekan usus dan lambung kerap membuat ibu hamil merasa begah. Tak jarang, lambung pun terasa perih, khususnya di trimester akhir kehamilan. Satu sendok makan madu dengan segelas susu panas dapat mengurangi ketidaknyamanan ini.

  6. Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

    Antioksidan yang kaya dalam madu akan meningkatkan kesehatan tubuh Anda dan juga membantuk perkembangan janin.

  7. Mencegah pertambahan berat badan saat hamil tidak berlebihan

    Karena alami, madu sangat tepat digunakan sebagai pemanis pengganti. Utamanya, bagi ibu hamil yang berat badannya sudah berlebih sebelum hamil.

Madu juga diketahui memiliki komponen untuk mengurangi reaksi alergi. Madu yang aman dikonsumsi oleh wanita hamil adalah yang telah melalui proses pasteurisasi (pasteurized honey). Ini merupakan proses pemanasan singkat hingga 720C untuk membunuh bakteri- bakteri penyebab penyakit.

Berbagai manfaat madu telah Anda ketahui, karena itu tak perlu ragu untuk mengonsumsinya. Madu aman dikonsumsi wanita hamil –dengan catatan, pilihlah madu murni (tanpa zat tambahan apapun) dan telah melalui proses pasteurisasi.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar