Sukses

Encok, Harus Bagaimana?

Pernah mendengar kata encok? Apa itu? Yuk, ketahui lebih banyak tentang penyakit encok di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Encok. Kata itu rasanya tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Umumnya, encok digunakan untuk menyebutkan penyakit dengan gejala nyeri sendi. Tapi sebenarnya, apa yang dimaksud dengan encok?

Kata encok merujuk kepada penyakit sendi yang disebabkan oleh kristal asam urat. Dalam dunia kedokteran, hal ini disebut gangguan gout. Seseorang yang terserang penyakit gout perlu menempuh beberapa penanganan berikut ini.

  1. Hindari makanan tinggi purin

    Gout adalah penyakit sendi yang berhubungan dengan pola makan. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga pola diet agar terhindar dari serangan gout. Diet seperti apa yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit gout?

    Diet yang buruk bagi penderita gout adalah diet tinggi purin. Purin merupakan zat alami yang ditemukan di dalam sel, termasuk di dalam tumbuhan maupun hewan. Pada umumnya, sayuran mengandung purin lebih banyak. Purin yang masuk ke dalam tubuh selanjutnya akan dimetabolisme menjadi asam urat.

    Bila seseorang banyak mengonsumsi makanan tinggi purin, asam urat dalam darahnya akan meningkat. Hal ini menyebabkan terjadinya penyakit gout. Makanan yang tinggi purin antara lain daging merah, ikan sardine, jeroan, kacang polong, dan bayam.

  2. Hindari alkohol

    Jika Anda adalah orang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol, Anda sebaiknya menguranginya. Minuman beralkohol biasanya mengandung purin yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan gout.

  3. Jaga berat badan Anda

    Penyakit gout tidak hanya berkaitan dengan pola makan, tetapi juga berhubungan dengan gangguan metabolisme tubuh. Bila seorang memiliki badan berlebih, kadar insulin di dalam tubuhnya akan meningkat.

    Akibatnya bisa terjadi gangguan dalam pengeluaran asam urat. Hal inilah yang turut menyebabkan peningkatan risiko penyakit gout pada seseorang dengan berat badan berlebih.

  4. Minum obat pereda nyeri

    Anda sedang terserang gangguan gout akut yang menimbulkan rasa nyeri hebat? Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah minum obat pereda nyeri. Obat yang dapat menjadi pilihan adalah nonsteroid inflammatory disease (NSAID) atau kolkisin.


Bila Anda menderita encok, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit ini. Dengan pola hidup yang tepat, Anda dapat terbebas dari encok.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar