Sukses

Ini Akibatnya Bila Sikat Gigi Hanya Sekali Sehari

Jangan malas sikat gigi. Pasalnya, menyikat gigi hanya sekali sehari bisa mengundang penyakit.

Klikdokter.com, Jakarta Menurut jurnal penelitian Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, kebiasaan sikat gigi hanya sekali sehari cukup banyak dijumpai. Hal ini terutama banyak terjadi di kalangan anak-anak.

Fakta lainnya adalah para ibu ternyata menyikat gigi lebih sering dibanding anggota keluarga lainnya. Sedangkan para ayah cenderung menyikat gigi lebih lama.

Apa yang terjadi jika seseorang melewatkan waktu sikat gigi di malam hari? Sisa makanan yang dimakan sejak pagi, siang, dan malam dapat tersangkut di sela-sela gigi. Kemudian sisa makanan tersebut akan menumpuk.

Kebiasaan ini tidak boleh dibiarkan, kecuali jika Anda ingin berurusan dengan penyakit gusi. Ciri penyakit gusi yang paling mudah terlihat adalah gusi berdarah ketika menyikat gigi.

Penyakit gusi yang tidak dirawat akan bertambah parah, sehingga dapat memicu penyakit penyakit periodontal atau jaringan penyangga gigi. Jika gigi sudah mengalami penyakit periodontal, gigi bisa goyang.

Gigi yang sudah goyang akan bertambah goyang seiring waktu, hingga akhirnya harus dicabut dan diganti gigi palsu. Bila hal ini terjadi, tentu membutuhkan biaya yang tidak murah untuk pengobatannya.

Tapi bukan hanya itu saja risiko yang harus Anda hadapi. Anda juga bisa berurusan dengan masalah gigi berlubang. Memang, menambal gigi bisa menjadi solusi. Namun, tambalan tersebut tidak akan bertahan lama karena ada plak yang menempel di gigi.

Kalau sudah begini, diperlukan penambalan ulang. Namun hal ini memerlukan pengambilan jaringan yang lebih banyak lagi, sehingga semakin lama akan semakin menipis. Akibatnya gigi jadi mudah patah.

Memang, kuman membutuhkan waktu 48 jam untuk bisa merusak gigi. Inilah yang akhirnya memunculkan pemikiran bahwa menyikat gigi sekali sehari seharusnya tak masalh.

Masalahnya, cara menyikat gigi Anda pun belum tentu benar. Oleh karena itu, American Dental Association menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari: pada pagi dan malam hari.

Yuk, hindari kebiasaan menyikat gigi hanya sekali sehari. Mulai sekarang rutinlah menyikat gigi dua kali sehari supaya Anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk membersihkan gigi demi menghambat kerusakan gigi.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar