Sukses

Waspada, Baby Blues Juga Bisa Terjadi pada Ayah

Tidak hanya pada kaum ibu, baby blues juga bisa terjadi pada para ayah.

Klikdokter.com, Jakarta Baby blues adalah suatu kondisi setelah melahirkan yang biasanya dialami oleh sang ibu. Namun, penelitian terbaru menyebutkan bahwa para ayah juga bisa mengalami kejadian ini. Apa sebabnya?

Baby blues merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat perubahan hormonal dan kimiawi pada tubuh setelah melahirkan. Mereka yang mengalami hal ini umumnya merasa sedih atau tampak murung.

Bukti bahwa kondisi ini juga dapat dialami kaum pria terlihat dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal kedokteran Archives of Pediatric and Adolescent Medicine. Studi tersebut melaporkan bahwa sekitar 21% ayah mengalami depresi singkat dalam satu tahun pertama sejak bayi dilahirkan.

Pada sosok ayah, gejala yang biasanya terjadi adalah lebih emosional, menangis tanpa alasan jelas, sensitif, serta merasa sedih atau cemas. Beberapa kondisi yang meningkatkan risiko ini pada seorang pria adalah usia yang lebih muda, kurangnya interaksi sosial, dan riwayat depresi sebelumnya.

Tidak hanya sampai di situ, penelitian juga menyimpulkan bahwa kemungkinan terjadinya depresi dapat meningkat secara signifikan pada masa awal melahirkan. Jika terjadi berlarut-larut, maka perilaku dan perkembangan anak akan ikut terganggu.

Maka dari itu, deteksi dini dan penanganan yang tepat harus segera dilakukan. Namun hal ini tidak hanya berlaku bagi para ayah saja, namun juga bagi ibu yang mengalami baby blues.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang memudahkan seseorang mendapatkan informasi, diharapkan pengetahuan masyarakat mengenai baby blues pada ayah juga meningkat. Tentunya hal ini akan lebih mudah deteksi dini dan penanganan yang optimal.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar