Sukses

Sisi Positif Nonton Film Horor

Meskipun menimbulkan rasa takut, menonton film horor ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Walaupun menakutkan, banyak orang tetap ingin menonton film horor sampai selesai. Tidak ada yang salah dengan hal ini. Rasa takut akibat menonton film horor justru berdampak baik bagi kesehatan.

Menurut artikel yang dilansir dari CNN, Jeffrey Goldstein, mengatakan bahwa rasa takut dapat dibagi menjadi dua. Goldstein sendiri adalah seorang profesor psikologi yang mendalami bidang kekerasan dan hiburan.

Pertama, rasa takut yang sebenarnya. Kedua, rasa takut yang timbul akibat sesuatu yang diketahui tidak nyata. Goldstein berpendapat bahwa rasa takut yang kedua berdampak positif bagi tubuh.

Dampak kesehatan yang timbul dari menonton film horor dapat bermacam-macam, beberapa di antaranya:

  1. Mampu melawan stres

    Menonton adegan seram dan menakutkan melatih seseorang untuk mengalihkan rasa takut dan cemas. Oleh karena itu, menonton film horor membantu seseorang mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Membakar kalori lebih cepat

    Rasa tegang yang timbul saat menonton film horor dapat meningkatkan pengeluaran hormon adrenalin, sehingga secara tidak langsung, pembakaran kalori tubuh menjadi lebih cepat. Bahkan, suatu penelitian di Inggris mengemukakan bahwa menonton satu film horor dapat membakar hingga 200 kalori.

  3. Meningkatkan aktivitas otak

    Menonton film horor dapat memicu pengeluaran beberapa hormon. Beberapa hormon tersebut adalah dopamin dan serotonin yang berperan meningkatkan aktivitas otak dan membuat pikiran menjadi lebih sigap.

Meskipun terkesan menakutkan, menonton film horor ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi, bila Anda berencana untuk menonton film di bioskop akhir pekan ini, jangan ragu-ragu untuk memilih film horor yang paling seram.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar