Kulit

Bebas Jerawat Saat PMS

KlikDokter, 13 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jerawat akibat Pre-Menstrual Syndrome (PMS) dapat Anda hindari asalkan tahu cara tepat untuk mencegahnya. Baca tipnya di sini.

Bebas Jerawat Saat PMS

Seberapa sering Anda mendengar istilah Pre-Menstrual Syndrome atau PMS? Istilah ini memang lekat dengan keseharian masyarakat, terutama di kalangan wanita.

PMS itu sendiri merupakan serangkaian tanda dan gejala yang dialami seorang wanita menjelang atau selama siklus menstruasinya berlangsung. Selain perubahan mood, kram ringan, perubahan nafsu makan dan kembung, jerawat adalah masalah yang sering dikeluhkan.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Stoll S dkk. Hasilnya, diketahui bahwa dari setengah dari wanita yang menjadi responden penelitian mengeluhkan munculnya jerawat yang sangat mengganggu.

Munculnya jerawat saat PMS memang menyebalkan. Namun tak berarti semua wanita ‘wajib’ mengalaminya. Faktanya, dengan perawatan wajah yang baik dan benar selama PMS, kulit wajah akan terbebas dari ancaman jerawat.

Apa penyebabnya

Secara umum, ada dua hormon yang memiliki peran dominan dalam mengatur siklus menstruasi seorang wanita. Hormon estrogen dan progesteron.

Mendekati siklus menstruasi, kedua hormon ini akan menurun drastis. Sebaliknya, terstoteron – suatu hormon yang efeknya memicu kerja kelenjar minyak, kadarnya stabil sepanjang bulan.

Itulah sebabnya, menjelang dan selama menstruasi, hormon testoteron menjadi dominan dan mengalahkan kerja hormon lainnya. Jadi, tak heran bila pada periode ini kulit wajah menjadi lebih berminyak dan mudah berkeringat.

Pada sebagian orang dengan tipe kulit kering, peningkatan produksi minyak ini memang dapat membuat wajahnya terlihat lebih bersinar. Masalahnya, minyak berlebih pada wajah dapat menjadi media yang ideal untuk perkembang biakan P.Acne, bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Putuskan hubungan PMS dan jerawat

Ketidakseimbangan hormon saat PMS memang tidak dapat dihindari. Tapi Anda bisa mencegah timbulnya jerawat. Ini caranya:

  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan. Anda tidak dapat menjamin tangan Anda bersih sepanjang waktu. Tangan yang kotor justru dapat menjadi media penyebaran bakteri dan kotoran lainnya.
  • Bersihkan wajah Anda secara teratur dengan pembersih yang bebas minyak dan non-komedogenik, terutama setelah beraktivitas.
  • Bersihkan benda-benda yang menempel pada wajah Anda dengan rutin, misalnya telepon genggam, bantal, dan sprei.
  • Hindari memencet-mencet jerawat yang terlanjur timbul karena dapat memperparah infeksi yang terjadi

Dengan langkah- langkah pencegahan tersebut, masalah jerawat akibat PMS akan dapat lebih mudah dihindari. Menstruasi lancar, kulitpun sehat bebas jerawat!

Mencegah munculnya jerawat akibat PMS bisa dilakukan dengan beberapa langkah di atas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa membersihkan wajah menggunakan Pond’s Acne Solution.

Pond’s Acne Solution merupakan produk pembersih wajah yang dapat digunakan setiap kali Anda mencuci muka. Produk ini mampu membersihkan wajah dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat langsung dari sumbernya.

Berbeda dengan produk lain, Pond’s Acne Solution mengandung bahan aktif Thymo-T-Essence dan teknologi lock & clear yang dikembangkan oleh Pond’s Institute. Bahan ini bekerja dengan mengunci dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat langsung dari sumbernya.

Kelebihan produk pembersih wajah ini tak hanya berhenti sampai di situ saja. Bahan aktif Thymo-T-Essence juga turut membantu mengurangi jerawat dalam waktu 3 hari.

Anda bisa menggunakan Pond’s Acne Solution secara rutin, yaitu dua kali sehari. Membersihkan wajah menggunakan Pond’s Acne Solution tidak akan membuat kulit kering. Kulit pun sehat dan bebas jerawat!

[RH]

AdvertorialPMSBebas JerawatJerawat

Konsultasi Dokter Terkait