Kehamilan

Trik Mengatasi Nyeri Luka Bekas Operasi Caesar

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 28 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Luka bekas operasi caesar terkadang menimbulkan rasa nyeri di kemudian hari. Untuk itu dibutuhkan obat yang tepat untuk mengatasinya.

Trik Mengatasi Nyeri Luka Bekas Operasi Caesar

Operasi caesar kerap dipilih oleh sebagian wanita lantaran dianggap lebih cepat dan tidak sakit dibandingkan persalinan secara normal. Akan tetapi, bekas luka operasi bisa menimbulkan nyeri jika tidak dirawat dengan baik dan benar.

Luka yang terjadi pada persalinan normal hanya terdapat pada jalan lahir yang memang sudah diciptakan. Sedangkan pada operasi caesar, jalan lahir dibuat melalui perut dan membuka rahim.

Ada perbedaan dalam proses penyembuhan luka pada persalinan normal dan persalinan dengan operasi caesar. Wanita dengan persalinan normal biasanya diperbolehkan pulang atau hanya menginap satu hari di rumah sakit. Sedangkan wanita yang menjalani operasi caesar, biasanya diharuskan menginap selama tiga hari.

Proses penyembuhan luka operasi caesar sendiri biasanya memakan waktu sekitar 3- 6 bulan. Itupun tergantung dari ada tidaknya infeksi aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita.

Tingkat nyeri luka bekas operasi caesar juga berbeda- beda. Perbedaan panjang luka, proses penjahitan luka, dan kondisi psikologis turut memengaruhi keparahan nyeri tersebut. Pada sebagian besar kasus, rasa nyeri sudah tidak dirasakan dalam kurun waktu enam minggu setelah melahirkan.

Namun ada beberapa faktor yang dapat memperlambat penyembuhan. Misalnya: adanya peregangan pada daerah sekitar luka dan tekanan pada perut akibat aktivitas berat atau pergerakan tertentu. Untuk mengatasinya, dokter memberikan obat nyeri.Pada umumnya, obat antinyeri sudah cukup untuk mengatasi luka bekas operasi caesar.

Akan tetapi, untuk mendapatkan obat pereda nyeri dibutuhkan rekomendasi dokter. Dengan demikian Anda akan mendapatkan obat dengan takaran dosis yang tepat sesuai kondisi nyeri yang sedang Anda alami.

(DA/ RH)

operasi caesarPersalinanObat nyeri

Konsultasi Dokter Terkait