Kesehatan Umum

7 Kiat Tetap Sehat di Musim Hujan

dr. Karin Wiradarma, 22 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Musim hujan, penyakit siap menyerang. Agar tidak menjadi korban berikutnya, ini kiat tetap sehat yang bisa Anda ikuti.

7 Kiat Tetap Sehat di Musim Hujan

Musim hujan kembali datang. Sudah dua hari ini, Jakarta diguyur hujan. Bahkan, pada Selasa (21/2/2017), hujan tak henti-hentinya ‘memandikan’ Jakarta hingga siang hari.

Di saat seperti ini, biasanya banyak penyakit yang bermunculan. Di antaranya adalah batuk, pilek, diare, atau bahkan demam berdarah.Nah, jika Anda tidak ingin menjadi ‘korban cuaca’ berikutnya, ini yang harus dilakukan:

1. Cuci tangan

Rajin cuci tangan sebelum makan, saat menyiapkan makanan, dan setelah dari toilet sangat efektif mencegah penularan virus serta bakteri penyebab penyakit. Jika Anda melakukannya dengan baik dan benar, niscaya penyakit musim hujan tidak akan menyerang.

2. 4M plus

Genangan air, yang menjadi tempat nyamuk demam berdarah bertelur, sangat mudah ditemukan saat musim hujan. Oleh karena itu, Anda wajib melakukan gerakan 4M plus sebagai berikut:

• Menguras dan menutup wadah air dan bak mandi

• Mengubur barang bekas yang dapat menampung air

• Memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk

• Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memelihara ikan, dan lainnya.

3. Tidak jajan sembarangan

Hindari makan di tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Apalagi jajanan yang dijual berada di dekat lokasi saluran pembuangan dan air yang tergenang.

4. Konsumsi makanan sehat

Agar tubuh tetap sehat dan bugar, konsumsilah makanan bergizi lengkap dan seimbang. Pastikan Anda mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang merata.

5. Menggunakan pakaian hangat

Musim hujan bikin badan mudah kedinginan. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan pakaian yang hangat –seperti jaket, sweater, baju lengan panjang, dan celana panjang.

6. Tidur cukup

Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh. Waktu tidur yang ideal agar tubuh beristirahat dengan optimal adalah 7-8 jam dalam sehari.

7. Konsumsi suplemen

Konsumsilah suplemen sesuai dosisnya. Apalagi jika Anda sedang kurang fit, sedang dalam masa penyembuhan, atau punya kebiasaan makan tidak teratur.

Itu dia kiat tetap sehat di musim hujan. Mudah, bukan? Yuk, lakukan sekarang agar Anda bebas dari penyakit dan tetap produktif di cuaca yang seperti ini.

(NB/ RH)

Musim HujanPenyakitKiat Tetap Sehat

Konsultasi Dokter Terkait