HomeInfo SehatKesehatan UmumInilah 5 Biang Kerok Sering Lemas-lemas
Kesehatan Umum

Inilah 5 Biang Kerok Sering Lemas-lemas

dr. Dyah Novita Anggraini, 05 Nov 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Badan Anda sering sulit diajak beraktivitas? Lemas seharian sekalipun usaha menjaga kesehatan sudah ditempuh? Berikut ini ada tips dari dr. Dyah Novita Anggraini disini untuk solusi lemas-lemas Anda.

Inilah 5 Biang Kerok Sering Lemas-lemas

KlikDokter.com - Ketika Anda merasa lemas, Anda seringkali menyalahkan ‘kekurangan tidur’ sebagai biang keladi utama. Bila sudah begitu, Anda lebih memilih untuk minum kopi demi membuat tubuh ketimbang mengetahui penyebab pasti di belakangnya. Padahal, dengan memahami titik permasalahan, Anda bisa mengatasi lemas-lemas dengan mudah bahkan Anda tak perlu minum kopi setiap hari untuk membuat tubuh berenergi.

Jadi, apa saja penyebab yang bisa membuat seseorang sering lemas?

1. Dehidrasi

Menurut studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition pada tahun 2012, penurunan kadar air di dalam tubuh sebanyak 1,5% akan mengakibatkan kekacauan mood. 

Solusi: Minumlah lebih banyak. Singkiran aturan 8 gelas sehari, karena kebutuhan hidrasi seseorang bervariasi berdasarkan cuaca dan aktivitas.

2. Kekurangan B12

Tubuh Anda membutuhkan vitamin B12 untuk memproduksi sel-sel darah merah dan menjaga neuron berfungsi dengan baik. Ketika Anda kekurangan vitamin tersebut, tubuh pun akan cepat lemas. 

Solusi: Jika Anda merasa lemas disertai dengan cepat lupa, kaki gelisah dan kesemutan, mungkin penyebabnya adalah karena kekurangan B12. Tanyakan kepada dokter atau ahli gizi untuk melakukan tes darah. 

Faktor Penyebab Lemas Seharian

3. Stres

Stres berkepanjangan menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat dalam waktu yang lama. Ini yang mengakibatkan seseorang susah tidur pada malam hari atau tidak nafsu makan, sehingga ia akan merasa lemas terus-menerus.

Solusi: Anda tidak bisa mengontrol sekeliling, tetapi Anda dapat mengendalikan reaksi Anda. Cobalah meditasi setiap hari selama 15 menit. Jangan pikirkan tentang pekerjaan atau hal-hal yang dapat membuat stres. Pusatkan perhatian pada napas dan tubuh Anda saja

4. Kekurangan zat besi

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membentuk hemoglobin, senyawa dalam sel darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen. Kekurangan zat tersebut akan menyebabkan terhambatnya pasokan hemoglobin dalam darah sehingga Anda bisa mudah lemas, pucat serta sering pusing.         

Solusi: Konsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti telur, madu, selai kacang dan lain-lain. Selain itu, suplemen multivitamin penambah darah juga diperlukan bila kebutuhan nutrisi sehari-hari tidak seimbang.

Penyebab Lemas Seharian

5. Jarang Berolahraga

 

Olahraga memegang peran penting dalam segala elemen dalam tubuh, dari meningkatkan sirkulasi tubuh hingga memperkuat jantung. Namun olahraga juga merupakan penghilang stres di mana saat kita bergerak tubuh  akan mengeluarkan hormon penenang yang dinamakan endorphin. Bila Anda tidak pernah menggerakkan tubuh, Anda pun akan merasa lemas dan tidak bertenaga.

Solusi: Mulailah bergerak jika Anda merasa telah duduk terlalu lama. Menurut studi pada Medicine & Science in Sports & Exercise, mereka yang berolahraga akan memiliki lebih banyak energi ketimbang mereka yang jarang berolahraga.

tubuhLemas LemasAnemia

Konsultasi Dokter Terkait