Sukses

Belanja Bikin Sehat!

Anda mungkin berpikir hobi berbelanja merupakan suatu hal yang hedonistik, menghabiskan banyak uang dan tidak bermanfaat.

Oleh: dr. Nadia Octavia

Klikdokter.com - Anda mungkin berpikir hobi berbelanja merupakan suatu hal yang hedonistik, menghabiskan banyak uang dan tidak bermanfaat. Namun ternyata hobi berbelanja memiliki banyak manfaat yang juga positif. 

 

Shopping dapat memperpanjang umur

Suatu studi yang dilakukan pada pria dan wanita dewasa di Taiwan menemukan bahwa mereka yang berbelanja setiap hari memiliki angka mortalitas 27% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang berbelanja.

 

Berbelanja dalam hal ini tidak selalu berbelanja barang-barang yang mahal. Riset tersebut juga menemukan bahwa orang tua yang lebih sering keluar rumah dan berbelanja, fisiknya lebih aktif dan terjaga dan secara mental juga lebih baik.

Berbelanja merupakan suatu bentuk aktivitas fisik

Salah satu survey yang dilakukan oleh lembaga di Inggris pada tahun 2013, menemukan bahwa wanita berjalan rata-rata 300 km/tahun sewaktu mereka berbelanja, yaitu sama dengan mengikuti 7 kali marathon. Sering berjalan-jalan ataupun mendorong kereta bayi juga dapat menurunkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes hingga kanker payudara.

Berbelanja meningkatkan dopamin

Sewaktu Anda berbelanja, Anda pasti merasa senang. Para ilmuwan membuktikannya melalui penelitian ilmiah. Para ilmuwan menemukan bahwa berbelanja dapat mengaktifkan area pada otak yang memproduksi dopamin, yaitu suatu substansi yang dikeluarkan saat Anda merasa senang.

Hal yang menariknya lagi, dopamin akan cenderung mengalami peningkatan dengan ‘antisipasi’ dari suatu pengalaman dibandingkan pengalamannya itu sendiri. Mungkin itu pula sebabnya, window shopping atau memburu barang-barang diskon menjadi sangat menyenangkan.

Berbelanja dapat mengistirahatkan otak

Menurut riset yang dilakukan oleh Kit Yarrow, PhD, profesor psikologi di Golden Gate University di San Fransisco, berbelanja dapat memberikan timeout bagi otak untuk beristirahat serta dapat meningkatkan kemampuan otak untuk fokus dalam membuat keputusan.

Jadi, siapa bilang berbelanja itu tidak bermanfaat?

 

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](NO)

Baca juga:

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar