Sukses

6 Penyebab Anemia

Anemia adalah suatu keadaan dimana terjadi keadaan kurangnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Komponen darah ini tidak memiliki kadar hemoglobin yang cukup. Bila Anda merasa lelah bahkan setelah tidur yang cukup dan merasa kekurangan tenaga setelah aktivitas normal maka kemungkinan besar Anda menderita anemia

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Klikdokter.com - Anemia adalah suatu keadaan dimana terjadi keadaan kurangnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Komponen darah ini tidak memiliki kadar hemoglobin yang cukup. Bila Anda merasa lelah bahkan setelah tidur yang cukup dan merasa kekurangan tenaga setelah aktivitas normal maka kemungkinan besar Anda menderita anemia. Anemia pun dapat menjadi dasar dari gangguan ingatan atau gangguan perasaan Anda. Beberapa gejala anemia lainnya adalah kelemahan, pusing, kulit yang pucat dan nyeri kepala. Beberapa penyebab dari anemia adalah:

  1. Rendahnya konsumsi besi
    Diet makanan yang rendah besi dapat menimbulkan anemia. Besi yang didapatkan dari sayuran tidak diserap sebaik kandungan besi yang ada dalam daging. Beberapa penyakit seperti celiac dan crohn’s dapat mempengaruhi penyerapan zat besi.

  2. Kekurangan vitamin
    Tubuh memerlukan vitamin B12 dan asam folat untuk membuat sel darah merah. Diet makanan yang rendah akan kandungan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Beberapa penyakit autoimmune juga dapat menyebabkan kelainan dalam penyerapan vitamin ini. Beberapa kandungan makanan seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, roti, dan pasta mengandung asam folat.

  3. Penyakit Kronis
    Beberapa penyakit kronis dan infeksi dapat menyebabkan tubuh memproduksi sel darah merah lebih sedikit. Keadaan ini dapat menurunkan kadar hemoglobin. Bila Anda kehilangan darah yang banyak juga dapat menyebabkan anemia.

  4. Keadaan Aplastik Anemia
    Aplastik anemia merupakan suatu kondisi dimana terjadi kelainan sshingga sum-sum tulang tidak memproduksi sel darah yang cukup. Penyebabnya dapat berbagai macam seperti radiasi dalam dosis tinggi, beberapa bahan kimia, virus, dan penyakit auto-immune dimana menyebabkan tubuh menyerang tubuh sendiri, serta beberapa kasus dapat diturunkan.

  5. Kehilangan darah
    Kehilangan darah merupakan salah satu peyebab dari anemia. Menstruasi dalam jumlah yang banyak, ulkus, kecelakaan atau pembedahan dapat menyebabkan hilangnya darah.

  6. Beberapa penyakit
    Beberapa penyakit yang diturunkan seperti talsemia dan hemolytic anemia dapat menyebabkan gangguan dalam produksi sel darah merah. Penyakit seperti Sickle Cell Anenia dimana terjadi produksi sel darah merah yang bentuknya abnormal juga dapat menyebabkan anemia.

Untuk mengobati anemia memang sebaiknya diketahui dulu penyebab dari anemia. Ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi di rumah untuk menangani anemia seperti suplemen zat besi, dimana suplemen ini sangat baik bila dikonsumsi dengan jus jeruk dan makanan yang mengandung vitamin c.

Namun disarankan suplemen ini jangan sampai dikonsumsi dengan kalsium, kopi, atau teh karena dapat menghalangi absorbsi. Beberapa makanan yang mengandung besi adalah daging merah, hati, ikan, tahu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buah. Makanan yang tinggi akan vitamin B12 dan asam folat adalah telur, produk susu, bayam dan pisang.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](EA)

 

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar