Sukses

2 Manfaat Sehat Buah Anggur

Buah anggur mungkin sudah cukup akrab di telinga. Namun anda mungkin belum mengetahui manfaat dari buah kecil yang satu ini. Simak selengkapnya dengan dr. Alvin Nursalim disini.

Oleh: dr. Alvin Nursalim     

Klikdokter.com - Buah anggur mungkin sudah cukup akrab di telinga. Namun anda mungkin belum mengetahui manfaat dari buah kecil yang satu ini. Ternyata mengkonsumsi buah anggur dan blueberry secara rutin dapat memperkuat sistem imun tubuh Anda dan meningkatkan aktivitas dari gen tubuh yang bertugas membunuh bakteri.

  1. Anggur meningkatkan gen pembasmi kuman

Kesimpulan ini didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Buah blueberry mengandung senyawa ‘pterostilbene’. Senyawa ini dapat meningkatkan aktivitas dari gen cathelicidin antimicrobial peptide (CAMP). Gen CAMP ini dapat memproduksi protein yang membantu membasmi infeksi bakteri

Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap beberapa senyawa dan dicari hubungannya dengan aktivasi gen CAMP. Dari penelitian ini dijumpai dua senyawa yang meningkatkan aktivitas dari CAMP, yaitu resveratrol dan pterostilbene. Resveratrol banyak terkandung dalam kulit buah anggur, oleh karena itu terdapat juga pada minuman anggur, sedangkan pterostilbene banyak dijumpai pada blueberry dan anggur.

Namun sayangnya, penelitian yang dilakukan masih belum dilakukan pada manusia, namun masih dilakukan pada kultur sel didalam laboratorium. Jadi diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hubungan konsumsi buah ini dalam jumlah besar dengan peningkatan sistem imun.

  1. Anggur dan diet mediterania

Apakah Anda tahu bahwa populasi daerah mediterania memiliki tingkat penyakit jantung lebih rendah dari dareah lainnya? Ternyata minuman anggur merupakan salah satu kuncinya. Minuman anggur merupakan komponen dari diet populasi daerah mediterania. Warga Mediterania mengkonsumsi anggur secara rutin dalam jumlah sedang (kurang lebih 1-2 cangkir setiap hari).

Selain konsumsi minuman anggur dalam jumlah sedang, diet mediterania juga kaya akan makanan laut, rendah daging merah, kaya kacang-kacangan dan penggunaan minyak zaitun. Cara memasak makanan juga cenderung dipanggang daripada digoreng. Bagi Anda yang ingin menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung, mungkin diet ini adalah jawabannya. Namun yang perlu Anda ingat adalah bahwa pola hidup sehat merupakan satu kesatuan yang terdiri dari pola makan dan olahraga. Jadi Anda tidak dapat mengharapkan hasil maksimal dari hanya mengkonsumsi anggur, jika Anda masih merokok dan malas berolahraga!

Nah, setelah mengetahui manfaat buah anggur, tunggu apa lagi? Tentu tidak ada salahnya mengkonsumsi buah ini sebagai tambahan dari makanan pokok anda! Anda tidak akan menolak mengkonsumsi buah anggur yang lezat, bukan?

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AN)

 

Baca Juga:

 

 

    1 Komentar