Kesehatan Umum

Alergi Kacang Tanah

Klikdokter, 20 Des 2012

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kacang tanah adalah salah satu penyebab alergi makanan yang paling umum, Kacang tanah sebenarnya bukan kacang benar, tetapi legume (dalam keluarga yang sama seperti kacang polong dan lentil). Namun protein dalam kacang...

Alergi Kacang Tanah

Klikdokter.com - Kacang tanah adalah salah satu penyebab alergi makanan yang paling umum, Kacang tanah sebenarnya bukan kacang benar, tetapi legume (dalam keluarga yang sama seperti kacang polong dan lentil). Namun protein dalam kacang serupa dengan struktur dengan yang ada di dalam kacang pohon. Untuk alasan ini, orang-orang yang alergi terhadap kacang tanah juga bisa alergi terhadap kacang pohon, seperti almond, kacang Brazil, walnut, hazelnut, macadamia, pistachio, pecan, dan kacang mete.

Reaksi Alergi

Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang keliru percaya bahwa sesuatu yang berbahaya, seperti kacang atau selai kacang pohon, sebenarnya berbahaya.Sistem kekebalan tubuh merespon dengan menciptakan antibodi spesifik untuk protein dalam makanan itu.Antibodi ini - yang disebut imunoglobulin E (IgE) –yang dirancang untuk melawan "penyerbu" protein.

Antibodi IgE memicu pelepasan bahan kimia tertentu ke dalam tubuh.Salah satunya adalah histamin. Pelepasan histamin dapat mempengaruhi sistem pernapasan seseorang, saluran pencernaan, kulit, dan sistem kardiovaskular, yang menyebabkan gejala alergi seperti sesak nafas, muntah sakit perut,,gatal-gatal gatal, dan bengkak.

Reaksi terhadap makanan, seperti kacang tanah dan kacang pohon, bisa berbeda. Itu semua tergantung pada orang tersebut - dan kadang-kadang orang yang sama dapat bereaksi secara berbeda pada waktu yang berbeda. Beberapa reaksi bisa sangat ringan dan hanya melibatkan satu sistem tubuh, seperti gatal-gatal pada kulit. Reaksi lain bisa lebih parah dan melibatkan lebih dari satu bagian tubuh.

Kebanyakan reaksi berlangsung kurang dari sehari dan menimbulkan efek terhadap empat sistem tubuh, seperti dilansir oleh kidshealth.org berikut:

  1. Kulit. Reaksi kulit adalah jenis yang paling umum dari reaksi alergi makanan. Reaksi ini bisa gatal, merah, ruam bergelombang (sarang), eksim, atau kemerahan dan bengkak di sekitar mulut atau wajah.
  2. Sistem pencernaan. Gejala dapat berupa kram perut, mual, muntah, atau diare.
  3. Sistem pernapasan. Gejala dapat berkisar dari hidung berair atau tersumbat, gatal, mata berair, dan bersin untuk memicu asma dengan batuk dan mengi.
  4. Sistem kardiovaskular. Seseorang mungkin merasa pusing atau pingsan dan kehilangan kesadaran.

Dalam kasus yang terburuk, alergi dapat menyebabkan anafilaksis, reaksi tiba-tiba yang berpotensi mengancam nyawa, selain gejala yang disebutkan di atas.Anafilaksis ini dapat membuat saluran udara membengkak dan penurunan tekanan darah. Akibatnya, dapatmembuat seseorang kesulitan bernapas dan bias membuat orang tersebut kehilangan kesadaran

Reaksi kacang bisa sangat parah, bahkan jika orang tersebuthanya sedikit mengkonsumsi protein kacang.Para ahli berpendapat,kemungkinan hal ini terjadi karena sistem kekebalan lebih mudah mengenali protein kacang daripada protein makanan lainnya.

Meskipun sejumlah kecil protein kacang dapat memicu reaksi yang parah, sangat jarang untuk terkena reaksi alergi hanya dari menghirup partikel kecil kacang tanah atau kacang pohon. Dan bau makanan yang mengandung kacang tidak akan menghasilkan reaksi karena aroma tidak mengandung protein.

Dalam beberapa kasus ketika orang bereaksi terhadap partikel udara, biasanya di daerah tertutup (seperti restoran) di mana banyak kacang yang sedang retak dari kulitnya. Meskipun beberapa orang mengatasi alergi makanan tertentu dari waktu ke waktu (seperti alergi susu, telur, kedelai, dan gandum), alergi kacang tanah dan kacang pohonmerupakan alergi seumur hidup pada kebanyakan orang.

Konsultasi Dokter Terkait