HomeIbu Dan anakKesehatan AnakLebih Banyak Waktu di Sekolah Dapat Meningkatkan IQ
Kesehatan Anak

Lebih Banyak Waktu di Sekolah Dapat Meningkatkan IQ

Klikdokter, 10 Jan 2012

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Seperti kita tahu, sekolah memang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan para siswanya. Tapi tahukah Anda, dengan menghabiskan...

Lebih Banyak Waktu di Sekolah Dapat Meningkatkan IQ

Klikdokter.com - Seperti kita tahu, sekolah memang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan para siswanya. Tapi tahukah Anda, dengan menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah dapat meningkatkan IQ?

Hasil penelitian yang dilakukan Proceedings of the National Academy of Sciences di Norwegia menunjukkan bahwa dengan menghabiskan lebih banyak waktu di dalam kelas dapat meningkatkan IQ sampai hampir mendekati 4 poin.

Para peneliti seperti dilansir dari BBCNewsHealth pada hari rabu 28 Desember 2011, mengatakan, “Lebih banyak waktu di sekolah memiliki efek yang cukup besar pada peningkatan IQ di masa awal dewasa. Akan tetapi, hasil tersebut masih belum jelas apakah hasil penelitian ini berlaku untuk semua anak, atau hanya anak-anak yang terlibat dalam penelitian ini saja. Dan sudah ditetapkan, sebuah hubungan antara IQ yang lebih tinggi dengan pendidikan yang lebih tinggi.”

Namun, untuk menentukan apakah menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah benar-benar dapat meningkatkan IQ, itu masih sangat sulit. Hal tersebut mungkin dikarenakan anak-anak yang memiliki IQ yang lebih tinggi, memang cenderung memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu dalam sistem pendidikan.

Para peneliti dari Statistic Norway, yang menerbitkan data resmi pemerintah, dan University of Oslo mengambil keuntungan dari sebuah eksperimen alami dalam sistem pendidikan di Norwegia yang memberikan efek pada 107.223 murid.

Antara tahun 1955-1972, pemerintah daerah di Norwegia meningkatkan wajib belajar yang semula hanya 7 tahun, menjadi 9 tahun. Hal tersebut berarti siswa meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun, bukan 14 tahun. Efek dari penambahan waktu di sekolah diukur pada usia 19 tahun, ketika militer memberikan semua orang yang memenuhi syarat untuk dapat melakukan tes IQ.

Para peneliti mengatakan, “Kenaikan yang signifikan dalam pendidikan rata-ratan dan IQ rata-rata jelas terjadi pada saat yang sama ketika reformasi pendidikan diperkenalkan. Waktu tambahan di sekolah dapat meningkatkan IQ sebesar 3.7 poin. Penelitian ini memanfaatkan penambahan waktu di sekolah yang disebabkan oleh reformasi sekolah yang komprehensif. Penelitian mampu mengungkap pengaruh statistik secara signifikan dari pendidikan sekolah menengah pada nila IQ pada awal dewasa untuk pria Norwegia.”

Para pakar statistik telah hati-hati untuk menarik kesimpulan, karena mereka mengakui bahwa efeknya mungkin hanya berlaku untuk masyarakat Norwegia, atau hanya untuk sistem pendidikan pada saat itu. Namun, mereka berpendapat bahwa penambahan waktu belajar di sekolah mungkin dapat untuk meningkatkan kecerdasan pada masa remaja.[](BA)

 

Konsultasi Dokter Terkait