Sukses

Cedera Akibat Salah Pilih Sepatu

Pernahkah anda cedera akibat salah pilih sepatu? Salah memilih dan menggunakan alas kaki baik itu sepatu maupun sandal, memiliki dampak yang...

Klikdokter.com - Pernahkah anda cedera akibat salah pilih sepatu? Salah memilih dan menggunakan alas kaki baik itu sepatu maupun sandal, memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan, terutama kesehatan kaki. Hal ini dikemukakan oleh Hillary Brenner, DPM salah seorang juru bicara untuk the American Podiatric Medical Association, yaitu asosiasi medis yang berspesialisasi dalam menangani ganguan kesehatan pada kaki.

Keberadaan Podiatry sendiri di Indonesia sebenarnya belum terlalu umum, namun di negara-negara berbahasa Inggris dan Eropa, spesialisasi ini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya berbagai gangguan kesehatan pada kaki yang bisa berujung pada cacat permanen. Keragaman gangguan kesehatan pada kaki ini pada dasarnya bukan dikarenakan pada suatu kecelakaan ataupun hal-hal diluar prediksi namun tidak jauh dari penggunaan dan pemilihan alas kaki itu sendiri.

Dengan semakin berkembangnya beragam model dan jenis alas kaki di pasaran, khususnya kaum hawa, kebanyakan akan lebih memilih berdasarkan model fashion terkini tanpa berpikir dua kali mengenai dampak kesehatan dikemudian hari. Hal ini yang menjadi pembahasan lebih lanjut mengenai banyaknya model sepatu berhak tinggi diatas 2 inchi, yang mampu merusak kontur kaki, hingga kerusakan permanen pada jaringan tissue maupun tulang di kaki.

Untuk itu perlunya pemilihan yang lebih teliti lagi dalam menggunakan alas kaki untuk mencegah segala sakit dan kecelakaan seperti mengusahakan menggunakan sepatu berhak dibawah 2 inchi, hak sepatu yang lebih lebar, sol sepatu yang cukup lentur sehingga tidak mempengaruhi cara jalan, model dan ukuran sepatu yang pas dikaki dan leluasa dibagian jemari kaki hingga penggunaan sendal jepit yang pas memeluk punggung kaki. (entiek)

    0 Komentar

    Belum ada komentar